5 Destinasi Wisata Terbaik di Provinsi Bengkulu

Inionline.id – Bengkulu merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dengan luas area 19.788,70 kilometer persegi. Wilayah Bengkulu berbatasan langsung dengan Sumatera Barat di bagian utara, Lampung di bagian selatan, Samudera Hindia di bagian barat, serta Jambi dan Sumatera Selatan di bagian Timur wilayahnya.

Di Provinsi Bengkulu dahulunya pernah berdiri beberapa kerajaan, seperti kerajaan Sungai Serut, kerajaan Selebar, kerajaan Patpetulai, kerajaan Balai Buntar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sekiris, Kerajaan Gedung Agung dan Kerajaan Marau Riang dibawah Kesultanan Banten, seperti yang dikutip dari laman Bengkuluprov.go.id

Provinsi Bengkulu kaya akan berbagai macam hasil laut, rempah-rempah, kopi, dan hasil tambang seperti emas dan batubara. Selain itu, daerah ini juga terkenal akan bunga Rafflesia yang tergolong endemik. Bahkan, Bengkulu pernah menjadi tempat pengasingan bagi tokoh Proklamasi Kemerdekaan sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Ir. Soekarno.

Sebenarnya masih banyak orang yang belum terlalu mengenal Provinsi Bengkulu, padahal daerah ini juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Nah untuk lebih jelasnya,  pada artikel kali ini kita akan membahas tentang lima destinasi wisata terbaik di Provinsi Bengkulu, berikut pembahasannya.

1. Danau Mas Harun Bastari

Ilustrasi Danau Mas Harun Bastari (instagram/@interistingbengkulu)
Ilustrasi Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari merupakan sebuah obyek wisata berupa danau dengan luas 75 hektar. Danau ini berlokasi di Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Lokasi ini dapat ditempuh dari pusat kota Bengkulu sekitar 95 Km, seperti yang dikutip dari laman profil.digitaldesa.id

Salah satu keunikan dari danau mas adalah sebuah pulau yang terletak di tengah danau. Pulau itu berbentuk seperti huruf “C”, dan para penduduk disana menganggap bahwa huruf “C” tersebut melambangkan Kota Curup sebagai ibukota Kabupaten Rejang Lebong.

Di area wisata Danau Mas terdapat beragam fasilitas untuk menunjang kepariwisataan, seperti kafe, villa, dan sarana pertemuan formal dan informal. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam berupa bukit-bukit hijau yang mengelilingi danau mas.

2. Perkebunan Teh Kabawetan

Ilustrasi Kebun Teh Kabawetan (instagram/@wonderfullbengkulu)
Ilustrasi Kebun Teh Kabawetan

Beranjak ke Kabupaten Kepahiang, kali ini kita akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan teh di kawasan Kabawetan dengan ketinggian 600-1000 mdpl. Suasana alam nan eksotis akan terlihat pada sore hari.

Terlebih ketika cahaya matahari mulai meredup dimana awan putih tampak bergerak di atas hamparan teh yang hijau. Kawasan perkebunan teh warisan kolonial Belanda yang dibangun tahun 1930-an itu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari libur, seperti yang dikutip pada laman Kepahiangkab.go.id

3. Pantai Sungai Suci

Ilustrasi Pantai Sungai Suci (instagram/@bengkuluinfo)
Ilustrasi Pantai Sungai Suci

Destinasi menarik di Provinsi Bengkulu selanjutnya adalah Pantai Sungai Suci yang berlokasi di Kabupaten Bengkulu Tengah. Pantai ini menghadirkan pemandangan tebing-tebing curam yang tergerus deburan ombak dan terdapat pula sebuah pulau kecil yang dapat diakses dengan 2 buah jembatan gantung.

Panorama alam pantai Sungai Suci ini seringkali disandingkan dengan panorama Tanah Lot di Bali oleh para wisatawan. Di area wisata pantai Sungai Suci juga terdapat beberapa fasilitas penunjang, seperti hotel, area penjualan makanan, dan lain sebagainya.

Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai Sungai Suci karena kamu bisa melihat pemandangan terbenamnya matahari.

4. Pantai Pangubaian

Ilustrasi Pantai Pangubaian (instagram/@bengkuluinfo)
Ilustrasi Pantai Pangubaian

Pantai Pangubaian terletak di Kabupaten Kaur yang berjarak sekitar 210 km dari pusat Kota Bengkulu. Pantai ini menawarkan pemandangan pasir putih yang cantik dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Di area pantai ini terdapat perkebunan kelapa yang menambah daya tarik wisata. Selain itu, terdapat pula beragam fasilitas menarik di area wisata pantai Pangubaian, seperti hotel, area kuliner, toilet, musholla, dan lain sebagainya.

5. Curug Sembilan

Ilustrasi Curug Sembilan (instagram/@visitbengkulu)
Ilustrasi Curug Sembilan

Bergerak ke Kabupaten Bengkulu Utara kali ini kita akan berjumpa dengan air terjun Curug Sembilan yang banyak menjadi tujuan camping bagi para pelancong. Curug Sembilan memiliki pesona pemandangan alam yang masih sangat asri. Curug ini sangat terkenal dengan bentuk air terjunnya yang unik karena memiliki sembilan cabang.

Itulah tadi lima destinasi wisata terbaik di Provinsi Bengkulu, tertarik mengunjunginya?