Airlangga Menyebut Indonesia Sudah Masuk Endemi Covid-19

Berita657 views

Inionline.id – Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto menyebut Indonesia telah memasuki fase endemi Covid-19.

Dia menyebut Indonesia tak lagi menyandang status pandemi Covid-19 karena kasus terus melandai. Menurutnya, Indonesia telah berhasil menurunkan kasus Covid-19 setahun terakhir.

“Secara negara sebetulnya kita sudah masuk, pandeminya sudah berubah menjadi endemi dan ini sudah level 1 dan terakhir kan kita semua di bawah 2.000 orang,” kata Airlangga di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12).

Airlangga mengatakan pihaknya telah melaporkan kesiapan Indonesia untuk menyetop PPKM. Pemerintah tinggal menyelesaikan survei antibodi sebelum menetapkan hal itu.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan akan segera membuat Keputusan Presiden tentang penghentian PPKM. Dia masih menunggu kajian akhir dari para anak buahnya.

“Saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya sehingga bisa saya siapkan nanti keputusan presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM,” ucap Jokowi.

Indonesia telah menetapkan pandemi Covid-19 sejak 13 April 2020. Kebijakan itu dibuat menyusul merebaknya Covid-19 di seluruh dunia.

Sejak awal pandemi, Indonesia melakukan sejumlah pembatasan. Awalnya, pembatasan bernama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan berubah-ubah nama hingga pemerintah memakai istilah PPKM.