Untuk ke-12 Kalinya Unnes Kembali Ikuti UI GreenMetric

Pendidikan057 views

Inionline.id – Universitas Negeri Semarang (Unne) melalui UPT Pengembangan Konservasi pada tahun 2022 ini, kembali mengikuti ajang Universitas Indonesia GreenMetric (UIGM) untuk yang ke 12 kalinya.  Unnes telah melakukan submit instrument pada sistem UI GreenMetric.

Submit instrument tersebut dilakukan oleh Rektor Unnes, Martono didampingi jajaran pimpinan UPT Pengembangan Konservasi beserta staf serta Koordinator Bagian Umum BUHK, Senin, 31 Oktober 2022.  Pada kesempatan tersebut, Rektor Unnes berpesan, proses pengisian pada instrumen UI Grennmetric harus dilakukan sesuai dengan kondisi riil yang dimilki Unnes.

“Ini bukan hanya mengejar pemeringkatan semata, karena dengan mengisi sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, maka kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki,” kata Martono dilansir dari laman Unnes, Senin, 31 Oktober 2022.

Martono juga menyampaikan terima kasih, atas segala upaya yang dilakukan oleh UPT Pengembangan Konservasi dalam mengawal Unnes sebagai green campus. “Mudah-mudahan pada tahun 2022 ini, Unnes mendapatkan hasil yang terbaik,” jelasnya.

Diketahui, UI GreenMetric World University Ranking merupakan upaya mengukur keberlanjutan kampus yang menggambarkan kebijakan dan program keberlanjutan kampus secara online di seluruh dunia.

Partisipasi Unnes dalam ajang UI GreenMetric ini dimulai sejak pertama kali ajang ini dilombakan, yaitu pada tahun 2010. Pada tahun 2021 yang lalu, Unnes memperoleh peringkat 5 Nasional dari 100 kampus di Indonesia dan peringkat 43 dari 956 kampus di seluruh dunia.

Tahun 2022 ini, proses pengisian parameter dimulai pada tanggal 18 Mei -31 Oktober 2022. Selain itu dalam rangka meningkatkan pemeringkatan Unnes di ajang UI GreenMetric ini, Unnes juga mengikuti Service Packages Platinum yang ditawarkan oleh UI.

Pengisian Instrumen UIGM mendasarkan peringkat secara luas pada kerangka konseptual Lingkungan, Ekonomi, dan Keadilan. Indicator dan kategori yang diisi relevan dengan kondisi kampus yang telah dirancang dengan bobot indikator peringkat supaya tidak menjadi bias dalam pengisian.

Tema UI GreenMetrics tahun ini adalah “Aksi Kolektif untuk Transformasi Universitas Berkelanjutan di Masa Pasca pandemi” yang mana fokus pada upaya universitas untuk melanjutkan program dan kebijakan keberlanjutan mereka berdasarkan UI GreenMetric.