Truk Terguling Setelah Sopirnya Mengikuti Google Maps di Magetan

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Khoirul Luthfi tidak hafal jalan saat berada di Magetan Jawa Timur ( Jatim ). Ia merupakan warga Kediri. Oleh sebab itu, saat mengantar ayam pesanan ke Magetan, Ia memanfaatkan google maps.

Masalahnya, meskipun tahu jalan tapi medannya dia tidak begitu paham. Akibatnya, saat tengah melaju di Tanjakan Ngerong atau Ngwolo Desa Dadi Kecamatan Plaosan, truknya terguling, Kamis (24/11/2022) pukul 14.30 WIB.

Seperti dijelaskan Kasi Humas Polres Magetan AKP Budi Kuncahyo, Unit Penegakan Hukum Satlantas Polres Magetan sudah meninjau ke lokasi jalan tempat truk tersebut terguling.

Dari hasil pemeriksaan saksi dan olah tempat kejadian perkara (TKP) diketahui truk bernopol S 8985 UK itu, diketahui kalau Khoirul ternyata fokus pada google maps.

“Semula truk yang dikemudikan saudara Khoirul Lutfi ini bergerak dari Plaosan akan naik ke arah Sarangan melalui jalur lama Dusun Ngwolo,” katanya dikutip dari beritajatim.com jejaring media suara.com, Jumat (25/11/2022).

“Karena muatan berat jalan dan terlalu menanjak kemudian pengemudi truk tidak dapat menguasai kendaraannya sehingga truk mundur dan terjadilah kecelakaan tunggal dengan posisi truk terguling di jalan,” kata Budi menambahkan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, karena pakan ternak akhirnya berhamburan, kemasannya pun rusak. Kerugian materiil ditaksir mencapai Rp16 juta. Truk pun segera dievakuasi.

“Hasil analisis petugas di lapangan, kendaraan truk mengalami masalah pada pengereman dikarenakan kondisi jalan yang menanjak dan bermuatan pakan ternak 8 ton,” katanya.

“Kemudian, pengemudi truk tidak menguasai jalur dan jalan ke arah sarangan mengingat sopir menggunakan Google Maps dalam perjalanan,” kata Budi.

Tidak menutup kemungkinan akan kembali terjadi laka lantas di sepanjang jalur Plaosan – sarangan baik di jalur lama maupun baru mengingat medan TKP didominasi tikungan dengan sisi tebing dan jurang.

Sehingga, perlu adanya public addres satuan lantas yang ditingkatkan di jalur black spot, terutama pada jam intensitas meningkatnya arus lalu lintas.

Diketahui, bukan truk ini saja yang terjebak Google Maps. Sebelumnya sempat terjadi kecelakaan tunggal yakni truk muatan pipa besi yang menabrak warung makan di tanjakan dekat Telaga Wahyu pada 9 Oktober 2022.

Kemudian, ada pula truk muatan ayam pedaging yang terguling ke parit imbas terjebak di Jalan Desa Durenan, Sidorejo, Magetan pada 10 Oktober 2022.