Ribuan Rumah di Medan Sumut Terendam Banjir

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Banjir kembali merendam pemukiman padat penduduk di tiga kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Banjir disebabkan oleh hujan intensitas tinggi dan Sungai Deli dan Sungai Babura yang meluap.

“Banjir akibat terjadinya hujan di hulu di daerah pegunungan mulai pukul 00.05 WIB pagi tadi sehingga mengakibatkan Sungai Deli dan Sungai Babura meluap,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Husni, Selasa (22/11).

Husni menyebutkan banjir merendam pemukiman warga di tiga kecamatan antara lain Kecamatan Medan Maimun, Kecamatan Medan Johor dan Kecamatan Medan Selayang yang membuat ribuan kepala keluarga (KK) terdampak.

“Lokasi ini memang rawan banjir terlebih lagi bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Jumlah rumah yang terendam sebanyak 1.045 yang dihuni 1.075 KK dan 3.654 jiwa,” urainya.

Menurut Husni ada sebanyak 31 orang yang terpaksa mengungsi ke lokasi pengungsian yang telah disiapkan BPBD. Tak hanya itu, ketinggian air mencapai paha orang dewasa sehingga beberapa warga terpaksa dievakuasi.

“Petugas melakukan pemantauan beberapa titik rawan banjir di Kota Medan dan berkoordinasi dengan pihak lingkungan setempat,” ucapnya

Husni mengimbau masyarakat agar tetap siaga apabila terjadi kenaikan debit air secara tiba-tiba. Selain itu, petugas juga telah mempersiapkan peralatan water rescue untuk melakukan evakuasi dan tanggap bencana.

“Petugas sudah menyalurkan bantuan bahan pokok berupa beras, mie instan, air mineral untuk mendukung pendirian dapur umum oleh kelurahan yang terdampak banjir,” pungkasnya.