Disdukcapil Tangsel Jalin Kerjasama dengan RS Hermina Serpong

Antar Daerah957 views

Inionline.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan penandatangan kerjasama pembuatan Adminitrasi Kependudukan (Adminduk) dengan Rumah Sakit Hermina Serpong, Rabu (17/11/2022).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangsel, Dedi Budiawan mengatakan, kerjasama ini merupakan terobosan baru Disdukcapil Tangsel dalam meningkatkan dan mempermudah pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) untuk para pasien yang melahirkan.

Dedi menjelaskan, dalam kerjasama ini tentu saling menguntungkan dan yang paling diuntungkan adalah masyarakat Tangsel. Dimana mana jika masyarakat yang melahirkan di RS Hermina Serpong tidak perlu repot-repot mengurus Adminduk seperti pembuatan Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Kartu Keluarga (KK).

“Karena akan diurus oleh petugas RS Hermina Serpong, sehingga ketika pasien sudah selesai persalinan, pulangnya sudah membawa Akte Kelahiran anak, KIA dan KK,” jelas Dedi.

Dedi menjelaskan, teknis pelaksanaan kerjasama ini, pihaknya akan memberikan memberikan Akun khusus kepada petugas yang dipercaya oleh RS Hermina Serpong untuk mengupload persyaratan pembuatan adminduk yang dibutuhkan oleh pasien, kemudian langsung diproses oleh pihak Dukcapil Tangsel.

“Untuk Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga yang sudah jadi akan kami kirim datanya berupa file yang sudah siap dicetak sendiri dan untuk Kartu Identitas Anak kami kirimkan ke Rumah Sakit melalui ojek online ataupun jasa lainnya. Dan semua pelayanan tidak ada dipungut biaya alias gratis,” jelasnya.

Dedi menerangkan, hingga saat ini Disdukcapil Tangsel sudah bekerjasama dengan 7 tempat fasilitas kesehatan diantaranya RSUD Kota Tangsel, RSIA Bina Medika, Bidan Aiyani, Bidan Muniatun, Bidan Nuraini, Klinik KMNC dan RS Hermina Serpong.

“Kedepan kita akan mengajak semua fasilitas kesehatan di Tangsel untuk bekerjasama dengan Dukcapil. Saat ini yang sedang proses ada 9 Puskesmas baik swasta maupun milik Pemkot Tangsel,” ungkapnya.

Dedi mengucapkan terimakasih kepada RS Hermina Serpong sudah bersedia untuk bekerjasama. Semoga mendapat maslahat dari seluruh masyarakat.

“Kami senang dengan kerjasama ini, karena tidak mesti di kantor kami dalam melakukan pelayanan Adminduk. Semoga kerjasama ini langgeng, sehingga kita bisa selalu membantu dan mempermudah masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Direktur Rumah Sakit Hermina Serpong, dr.Taupan Trimawan mengucapkan terimaksih atas kerjasama ini, semoga dapat mempermudah masyarakat yang melakukan persalinan di RS Hermina Serpong dalam membuat adminduk untuk anaknya.

“Sebab, ini juga sangat dibutuhkan oleh masyarkat yang melahirkan untuk kebutuhan anaknya, sehingga tidak repot-repot lagi ngurus sendiri,” jelasnya.

Lebih lanjut, dr.Tupan mengungkapkan, dengan adanya kerjasama ini yang diuntungkan oleh RS Hermina Serpong adalag bisa menarik minat pasien karena mereka mendapat bonus dimudahkan dalam membuat dan mengurus Adminduk untuk anaknya yang baru lahir.

“Semoga banyak masyarakat mengetahui program ini dan melakukan pelayanan kesehatan di RS Hermina Serpong,” harapnya.

Sumber: beritafakta.id