Soal Capres 2024 Djarot Mengingatkan Kader PDIP Tak Dansa Politik

Politik157 views

Inionline.id – Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengingatkan seluruh kader PDIP Sulawesi Selatan (Sulsel) tidak ikut membahas tentang calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024.

Djarot meminta para kader partai banteng fokus membantu menyukseskan program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai masa jabatannya selesai.

“Jangan kemudian kita ikut-ikutan melakukan dansa-dansa politik terkait dengan wacana pencapresan ini. Tetapi, kita fokus bagaimana partai mendukung semua program Jokowi di sisa jabatan ini supaya bisa menjadi landasan yang kuat untuk pembangunan Indonesia berikutnya,” kata Djarot di Makassar, Rabu (12/10).

Djarot mengatakan partainya memiliki mekanisme dalam menentukan calon presiden dan wakil presiden, yakni hak prerogratif Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“PDIP ada mekanisme, aturan yang menegaskan urusan pencapresan adalah hak prerogatif dari ketua umum sesuai dengan hasil kongres di Bali,” ujarnya.

Megawati akan mengambil keputusan politik terkait calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024 pada momentum yang tepat.

“Jadi kita fokus ke situ. Kami sampaikan Pak Jokowi sebagai presiden, seluruh kader PDIP sama-sama bersinergi dengan pemerintah pusat untuk menghadapi permasalahan yang ada saat ini,” ujarnya menambahkan.

Meski demikian, kata Djarot, PDIP tetap membuka peluang komunikasi dengan seluruh partai politik untuk membahas calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung.

“Kita PDIP selalu membuka ruang untuk berkomunikasi semua partai pendukung politik. Untuk membangun bangsa ini tidak bisa sendiri, maka diperlukan komunikasi dan kerja sama dengan partai politik. Tetapi sekali lagi kita fokus satu barisan, satu kerangka untuk fokus mensukseskan program Jokowi,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani tengah melakukan safari politik dengan bertemu sejumlah ketua umum parpol. Puan telah bertemu dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Kemudian Ketum NasDem Surya Paloh, Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, hingga Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Belum ada kesepakatan PDIP dengan empat parpol yang ditemui Puan.