Siaga 1 Jawa Barat Hadapi Bencana Alam dan Musim Penghujan, Begini Kata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat

Antar Daerah457 views

BOGOR, Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru’yat mengimbau masyarakat lebih waspada menghadapi cuaca ekstrem yang melanda Jawa Barat.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menyoroti cuaca ekstrem di Jabar. Ia pun meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jabar untuk siaga satu menanggulangi potensi bencana akibat cuaca ekstrem menjelang akhir tahun.

Data sampling yang diambil dari Kota Bogor mengutip dari Bogor-kita.com pada Senin 11 Oktober 2022 terjadi longsor di Gang Kepatihan, Kelurahan Kebon Kalapa, Kecamatan Bogor Tengah, Selasa (11/10/2022) malam. Lokasi ini, menjadi salah satu lokasi bencana yang terparah yang terjadi di Kota Bogor akibat cuaca ekstrem.

Di lokasi itu pula, ada 9 orang tertimbun serta 1 orang meninggal dunia. Korban jiwa tersebut merupakan salah satu anggota kepolisian dari Polsek Bogor Tengah.

Sementara itu longsor susulan terjadi di wilayah Kelurahan Kebon Kalapa, Kecamatan Bogor Tengah. Tepatnya di RT 03/02 Gang Barjo pada Rabu (12/10/2022) sore. Lokasi longsor susulan tak jauh dari Gang Kepatihan yang pada sehari sebelumnya juga mengalami longsor hingga memakan satu korban meninggal dunia.

Berdasarkan rentetan peristiwa ini, Achmad Ru’yat meminta masyarakat untuk lebih waspada di musim penghujan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah rawan bencana.

“Saya meminta masyarakat untuk mengenali lokasi potensi bencana di sekitar tempat tinggal, seperti di bantaran kali dan kontur lokasi yang tinggi berarti rawan longsor. Waspada pohon tumbang jika hujan lebat disertai angin kencang,” ujar Ru’yat, Kamis (13/10/2022).