Proyek Jalur Sejajar Medan-Berastagi Dipercepat Demi Menunjang Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi257 views

Inionline.id – Demi menunjang pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut, termasuk sektor pariwisata proyek pembangunan jalur sejajar Berastagi-Medan di Kecamatan Kutalimbari, Deliserdang, Sumatra Utara terus dikebut.

Ketua DPRD Sumatra Utara Baskami Ginting meyakini jika proyek itu rampung, maka kunjungan wisatawan ke wilayah Berastagi juga akan meningkat.

Pembangunan jalur tersebut merupakan bagian dari proyek multiyears senilai Rp2,7 triliun.

“Kita akan kawal terus proyek ini sampai tuntas. Jalur sejajar ini sangat dibutuhkan masyarakat Sumatra Utara,” kata Baskami, Selasa (11/10).

Dalam hal ini, ia meminta agar masyarakat juga turut memantau dan mengawasi progres dari proyek tersebut.

“Maka kita juga meminta masyarakat turut serta dalam mengawasi pembangunan proyek ini,” imbuhnya.

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan dari peninjauan di lapangan, telah dilakukan dilakukan pelebaran sepanjang 9,67 km pada jalur itu.

“Dimulai dari Desa Sukamakmur hingga Dusun X Tanduk Benua,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Pemprov Sumut Herianto mengungkapkan proyek jalur sejajar itu nantinya melintasi Desa Jaranguda Berastagi-Dusun Sembaikan II Kecamatan Sibolangit.

Kemudian Dusun x Tanduk Benua-Dusun II Sukamakmur-Desa Sukamakmur Kecamatan Kutalimbaru-Tuntungan Kecamatan Deliserdang. Untuk kawasan Dusun Sembaikan, hingga Desa Jaranguda sepanjang 13 km masih berada dalam kawasan hutan.

“Izin pelepasan kawasan berupa hak pakai dari Kementerian Kehutanan, sudah dalam proses,” jelasnya.