Pada Kuartal III 2022 Sri Mulyani Pede Ekonomi RI Tembus 5,5 Persen

Ekonomi257 views

Inionline.id – Pada kuartal III 2022 Menteri Keuangan Sri Mulyani optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa di atas 5,5 persen (yoy). Angka ini lebih tinggi dibandingkan realisasi pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal II, yakni 5,44 persen.

“Kami memperkirakan bahwa perekonomian Indonesia di 2022 ini adalah antara 5 hingga 5,3 persen. Ini artinya nanti di kuartal ketiga pertumbuhan ekonomi masih akan tumbuh sangat kuat di area di atas 5,5 persen, perkiraan dari Kementerian Keuangan,” kata dia dalam konferensi pers APBN KiTA Edisi Oktober 2022, Jumat (21/10).

Menurut Sri Mulyani, perkiraan tersebut berlandaskan berbagai indikator seperti mobilitas, indeks penjualan retail, dan Mandiri Spending Index. Ia menyebut semua indikator tersebut masih dalam situasi yang positif dan ekspansif.

Selain itu, dari sisi supply yaitu PMI manufaktur Indonesia bahkan mengalami penguatan 13 bulan berturut-turut. Dengan begitu, PMI Indonesia terus menerus berada dalam zona ekspansi.

“Ini menggambarkan bahwa pemulihan ekonomi semenjak terjadinya pandemi sudah berjalan relatif bisa terjaga momentumnya,” imbuh Sri Mulyani.

Tidak hanya itu, dari konsumsi listrik, Sri Mulyani mengatakan pertumbuhannya dari sektor bisnis dan industri juga positif. Masing-masing sektor tercatat tumbuh sebesar 17,3 persen dan 8,1 persen.

Ia menambahkan dari sisi manufaktur, industri pengolahan kapasitas produksi juga mengalami kenaikan.

“Ini semuanya menggambarkan bahwa kuartal III ini GDP kita mungkin masih kuat meskipun kemarin kita melakukan kenaikan harga BBM namun pengaruhnya terhadap growth masih relatif terjaga,” ujarnya.

Meski begitu, Sri Mulyani juga memperingatkan untuk tetap waspada terutama pada 2023. Sebab, gelombang pelemahan ekonomi dunia dan ketidakpastian global serta kecenderungan suku bunga yang naik bisa mempengaruhi berbagai indikator dan juga faktor-faktor yang mendorong ekonomi Indonesia.

Ia juga menyebut ekonomi tahun depan kain gelap dan pekat. “Kalau menggunakan bahasa IMF itu adalah gelap dan gelap nya makin pekat,” tandasnya.