Kementerian Agama Menggelar Salat Gaib di Istiqlal untuk Korban Kanjuruhan

Berita157 views

Inionline.id – Kementerian Agama bakal menggelar salat gaib untuk korban jiwa tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur. Salat gaib akan digelar pada Jumat (7/10) di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

“Salat gaib digelar untuk mendoakan korban meninggal dunia dan dapat dilaksanakan setelah Salat Jumat pada 7 Oktober 2022,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Adib dalam keterangan tertulis, Selasa (4/10).

Adib menuturkan Kemenag pun mengimbau seluruh umat Islam di Tanah Air menggelar salat gaib. Kemenag sudah menerbitkan surat edaran terkait hal ini.

“Kepada umat Islam di seluruh Indonesia, sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal dunia pada tragedi Stadion Kanjuruhan,” ucapnya.

Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, terjadi usai pertandingan antara Arema FC lawan Persebaya dengan skor akhir 2-3, pada Sabtu (1/10) malam.

Pendukung Arema yang tak terima klubnya kalah masuk ke area lapangan. Namun, polisi menembakkan gas air mata, sehingga penonton banyak yang luka-luka dan meninggal karena terinjak-injak dan sesak napas. Di antaranya ada pula aparat polisi yang meninggal.

Polri menyatakan korban meninggal dalam peristiwa tragis itu mencapai 125 orang. Sementara, data terbaru versi Posko Postmortem Crisis Center menyatakan ada 133 korban tewas.

Namun, menurut Aremania, jumlah korban tewas lebih dari 200 orang.