Jelang Lengser Anies Resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa di Karet Bivak

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa (TMTB) di TPU Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (13/10).

Anies mengatakan taman makam itu dibuat Pemprov DKI, karena banyak tokoh bangsa dimakamkan di TPU Karet Bivak.

Beberapa tokoh itu di antaranya sastrawan Pramoedya Ananta Toer, seniman Benyamin Sueb, hingga istri ketiga Presiden pertama RI Sukarno, Fatmawati.

“TPU Karet Bivak ini menjadi tempat peristirahatan terakhir begitu banyak tokoh yang akhir hayatnya di Jakarta,” kata Anies di TMTB TPU Karet Bivak, Kamis (13/10).

Anies mengatakan di Jakarta memang ada TMP Kalibata, tempat bersemayam tokoh-tokoh yang berjasa pada negara. Namun, banyak juga tokoh yang semasa hidupnya memberi sumbangsih, namun memilih dimakamkan di TPU Karet Bivak.

Oleh karena itu, Anies berharap TMTB dapat menjadi sarana publik bagi peziarah/pengunjung untuk mendapatkan inspirasi dari kisah hidup para tokoh yang dimakamkan di TPU Karet Bivak.

“Karena itulah mengapa pembangunan TMTB ini bukan sekadar pemakaman begitu saja. Tapi tempat di mana warga, anak-anak sekolah, mahasiswa bisa datang,” ujar Anies.

“Kemudian mempelajari kisah-kisah hidup mereka, sehingga bisa menjadi hikmah bagi kita dan menjadi inspirasi,” imbuh pria yang akan mengakhiri jabatan Gubernur DKI 2017-2022 pada 16 Oktober mendatang.

Desain Taman Makam Tokoh Bangsa

Ia memaparkan TMTB didesain dengan konsep modern tropis dan tetap menampilkan unsur-unsur kearifan lokal dan bentuk arsitektur vernakular Indonesia.

Bentuk atap yang menjulang tinggi mendominasi desain menjadi salah satu ciri khas dan karakteristik bangunan. Ini juga disebut dapat berfungsi sebagai skylight untuk memasukkan cahaya alami ke dalam bangunan dan untuk menciptakan nuansa sakral dan estetik di dalam bangunan.

Interior bangunan menggabungkan konsep modern minimalis, dengan komponen digital modern.

TMTB terdiri dari area gallery dengan luas 435 meter persegi, menampilkan informasi tokoh bangsa yang dimakamkan di area TPU karet Bivak dengan menggunakan media digital dilengkapi dengan area serba guna yang dilengkapi sarana pendukung.

Di dalam galeri terdiri dari 24 monitor yang akan menampilkan para tokoh bangsa serta informasi komersial dan umum.

Layar monitor menampilkan konten narasi singkat dari tokoh-tokoh bangsa, papan deskripsi dilengkapi dengan QR Code yang mengarahkan pengunjung ke laman website dari Taman Makam Tokoh Bangsa.

Tokoh-tokoh bangsa yang ditampilkan antara lain MH Thamrin, Pramoedya Ananta Toer, Fatmawati Soekarno, H. Benyamin Sueb, Iswadi Idris, Firman Muntaco, Chairul Saleh, Chairil Anwar, Ismail Marzuki, SM Ardan, Soerjadi Soerjadarma, Kusuma Atmadja, Abu Hanifah, Roehana Khoedoes, dan Mohammad Natsir.