Dalam Sepekan BNPB Mencatat Rekor 76 Bencana Banjir hingga Longsor

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Selama sepekan, terhitung sejak 10 sampai 16 Oktober 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 76 kejadian bencana.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan ke-76 peristiwa itu merupakan bencana hidrometeorologi basah seperti banjir dan tanah longsor.

“Minggu ini kita mencatat rekor lagi, dalam satu minggu 76 kejadian bencana. Semuanya ini kalau minggu lalu kita masih punya kebakaran hutan, gempa bumi, minggu ini 76 kejadian bencana semuanya hidrometeorologi basah,” kata Abdul dalam konferensi pers, Senin (17/10).

Abdul merinci, dari 76 kejadian bencana itu, 36 di antaranya merupakan banjir. Kemudian, 23 cuaca ekstrem dan 17 kejadian tanah longsor. Akibat semua bencana itu, 13 orang meninggal dunia.

Jumlah korban itu juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan pekan lalu yang berjumlah 10 orang. Ada pun secara keseluruhan BNPB mencatat 70.895 warga terdampak.

“Kita berduka ada 13 saudara kita yang meninggal dunia, ini lebih tinggi dari minggu sebelumnya,” ujar Abdul.

“Sayang sekali, kita belum bisa mengurangi korban jiwa meninggalnya (13 orang), ini menjadi perhatian kita untuk minggu ini,” imbuhnya.

Berdasarkan sebaran lokasi, BNPB mencata bencana tersebut terjadi di 21 provinsi dan 56 kabupaten/kota. Beberapa di antaranya ditemukan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Menurut Abdul, kejadian bencana ini dipicu oleh tingginya intensitas curah hujan merata di Indonesia.

“BNPB kembali mengingatkan kesiapsiagaan BPBD maupun pemerintah daerah terhadap intensitas curah hujan dan potensi terjadinya bencana,” katanya.