BPMP dan BGP di Daerah Menjadi Operator Lapangan dalam Pendidikan Guru Penggerak

Pendidikan257 views

Inionline.id – Direktur Kepala Sekolah, Pengawas sekolah dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, Praptono menerangkan jika Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) BalaiĀ Guru PenggerakĀ (BGP) turut mengambil peran dalam Pendidikan Guru Penggerak (PGP). BPMP dan BGP merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam memantau jalannya PGP.

“Karena unit-unit ini ada di Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah, di mana PGP juga tersebar di daerah. Jadi lebih memudahkan yang sebelumnya sulit,” kata Praptono dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis 20 Oktober 2022.

Praptono menjelaskan, jika pihaknya di pusat telah membangun sistem untuk PGP. Hal itu tinggal dijalankan oleh BGP dan BPMP di daerah dengan pengajar praktik dan fasilitator yang sudah disiapkan.

“Jadi kawan-kawan di balai besar ini atau di balai guru penggerak menjadi operator lapangan, ketika PGP dijalankan,” sebutnya.

Nantinya setelah PGP dijalankan, barulah semua pihak berembuk untuk menentukan kelulusan para peserta PGP. Skor PGP di daerah dari BPMP dan BPG akan dikirimkan ke pusat.

“Kami yang akan kelola skor itu. Ini menjadi kolaborasi yang harus dibangun dengan kuat. Nanti guru yang lulus dari PGP akan bisa menjadi calon pemimpin sekolah, menjadi kepala sekolah,” tutupnya.