Besok Mahfud MD akan Laporkan Hasil Temuan TGIPF Terkait Kanjuruhan ke Jokowi

Berita257 views

Inionline.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan pihaknya akan melaporkan hasil temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi stadion Kanjuruhan ke Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (14/10) esok.

“Besok saya akan melapor ke presiden soal temuan TGIPF,” ujar Mahfud dalam diskusi ‘Reformasi Sistem Hukum Nasional’ yang digelar PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (13/10).

Mahfud mengaku tengah mempersiapkan dokumen laporan temuan TGIPF Kanjuruhan yang akan diserahkan ke Presiden Jokowi. Ia bercerita kerap menjalankan tugas-tugas non reguler dari presiden untuk menyelesaikan kasus tertentu.

“Sekarang saya harus pimpinan tim investigasi tragedi Kanjuruhan. Sebelum itu [kasus] Sambo, jadi tugas-tugas dari presiden tak reguler itu dijalani,” kata dia.

Mahfud sempat mengungkapkan Presiden Jokowi telah menanyakan hasil temuan TGIPF tragedi Kanjuruhan kepada dirinya saat bertemu di Istana Negara kemarin. Mahfud menyatakan temuan TGIPF tak akan diumumkan sebelum diserahkan kepada Presiden Jokowi.

“Beliau sangat serius masalah kasus tragedi Kanjuruhan sepak bola di Malang. ‘Bagaimana hasil temuan TGIPF? Saya menunggu’, kata presiden, karena akan segera menentukan langkah-langkah bersama FIFA yang akan berkunjung ke sini pekan depan tim pendahuluannya,” kata Mahfud di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/11).

Tragedi di Stadion Kanjuruhan terjadi pada 1 Oktober 2022 malam usai laga Arema FC dengan Persebaya. Mulanya, suporter Arema tampak turun ke area lapangan untuk mencari pemain dan ofisial usai berakhirnya laga.

Hal itu direspons polisi dengan menembakkan gas air mata ke lapangan dan tribun stadion. Akibatnya, penonton berlarian karena panik. Total 132 suporter Arema FC tewas imbas tragedi ini. TGIPF lantas dibentuk untuk mengusut kasus tersebut.