Shin Tae-yong Berhasil Membawa Dua Timnas Indonesia ke Piala Asia

Inionline.id – Shin Tae-yong sejauh ini memberikan hasil apik untuk Indonesia. Dia berhasil membawa Timnas Indonesia senior dan Timnas U-20 ke Piala Asia.

Kerja keras Shin Tae-yong sejak ditunjuk PSSI sebagai juru taktik pada akhir Desember 2019 mulai membuahkan hasil. Pria asal Korea Selatan itu mengantarkan tim senior Indonesia ke Piala Asia saat meraih tiket sebagai runner-up terbaik pada Juni lalu.

Indonesia memulai perjalanan di Grup A dengan mengalahkan tuan rumah Kuwait 2-1, kemudian kalah 0-1 dari Yordania, dan menang telak 7-0 atas Nepal pada laga terakhir.

Timnas Indonesia pun finis di peringkat kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Tiket kemudian didapatkan setelah bersaing dalam klasemen runner-up terbaik.

Teranyar, giliran Timnas Indonesia U-20 yang dibawa Shin Tae-yong ke Piala Asia 2023 di Uzbekistan. Indonesia berhasil menjadi juara Grup F setelah mengalahkan Vietnam 3-2 di Gelora Bung Tomo, Surabaya (Minggu (18/9/2022) malam WIB.

Marcelino Ferdinand membawa Indonesia unggul lebih dulu pada menit ke-60, sebelum disamakan Vietnam via gol bunuh diri Muhammad Ferrari (69′). Tim tamu berbalik unggul lewat gol Dinh Xuan Tien (79′).

Ferrari bayar kesalahan dengan menyeimbangkan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-82. Gol Rabbani Tasnim lima menit sebelum waktu normal habis memastikan Indonesia menang 3-2.

Hasil ini membuat Indonesia keluar sebagai juara Grup F dengan sembilan poin. Vietnam duduk sebagai runner-up dengan enam poin. Timor Leste dan Hong Kong dipastikan tak lolos setelah masing-masing menempati posisi ketiga dan keempat.

Vietnam pada akhirnya meraih tiket ke Piala Asia U-20 2023. Keberhasilan itu didapat karena Vietnam memuncaki klasemen akhir runner-up terbaik.