Presiden Jokowi Kirimkan Surpres Calon Pengganti Lili Pintauli ke DPR

Berita257 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim Surat Presiden (Surpres) terkait calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pengganti Lili Pintauli.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan surpres tersebut dikirimkan ke DPR pada pekan lalu.

“Sudah disampaikan ke DPR surpres-nya, ada surpres-nya sudah disampaikan ke DPR,” kata Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/9).

Kendati demikian Pratikno menolak mengungkapkan nama calon pimpinan KPK pengganti Lili yang tertuang di Surpres itu.

Ia meminta hal tersebut ditanyakan ke DPR.

“Tanya ke DPR,” ujar Pratikno.

Sebagai informasi, Lili mundur sebagai Wakil Ketua KPK pada 11 Juli 2022. Jokowi pun telah meneken surat keputusan presiden (Keppres) soal pemberhentian Lili itu.

Lili sebelumnya sempat terjerat kasus dugaan pelanggaran etik. Ia menerima gratifikasi berupa akomodasi dan tiket menonton MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada Maret 2022, dari PT Pertamina (Persero).

Namun, sidang etik tidak dilanjutkan oleh Dewan Pengawas KPK karena Lili telah lebih dulu menyatakan mundur dari KPK. Sementara itu, pada Agustus 2021, Lili terbukti melanggar etik karena menyalahgunakan pengaruh sebagai pimpinan KPK untuk kepentingan pribadi.

Dia juga berhubungan langsung dengan eks Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial yang perkaranya sedang ditangani oleh KPK. Atas pelanggaran itu, Lili dikenakan sanksi berat berupa pemotongan gaji 40 persen selama 12 bulan.