by

Ini 9 Tips Bersepeda untuk Menurunkan Berat Badan dengan Menyenangkan

Inionline.id – Salah satu hobi yang tengah digandrungi oleh banyak orang pada beberapa waktu belakangan adalah bersepeda. Kegiatan ini bisa menyenangkan sekaligus menyehatkan bagi diri kita.

Bersepeda juga bisa cukup mudah untuk dilakukan bahkan oleh anak-anak. Oleh karena itu, bersepeda bisa menjadi cara yang menghibur dan menyehatkan untuk aktivitas keluarga.

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan bersepeda ini. Selain itu, bersepeda juga bisa menjadi alat transportasi yang sangat ramah lingkungan.

Tak hanya menyehatkan, bersepeda juga bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Manfaat ini terjadi karena bersepeda merupakan aktivitas aeobik yang bisa menjadi olahraga ringan atau berat tergantung dari lintasan dan seberapa keras kamu mengayuhnya.

Walau bisa membantu menurunkan berat badan, namun agar hal ini lebih optimal saat bersepeda, terdapat hal yang perlu kamu perhatikan. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara yang bisa membuat kegiatan bersepeda jadi cara efektif untuk menurunkan berat badan.

Perhatikan Makanan serta Pakaian

1. Konsumsi Makanan Sehat Sebelumnya

Sebelum mulai mengayuh sepeda, pastikan kamu sudah mengonsumsi makanan yang sehat. Cara ini tak hanya bisa mempercepat proses metabolisme tubuh yang membantu menurunkan berat badan saja, namun juga bisa memberi suntikan energi yang kamu butuhkan.

2. Jangan Berpakaian Terlalu Tebal dan Tertutup

Banyak orang menggunakan jaket tebal dan tetutup agar bisa lebih mudah berkeringat. Sayangnya menggunakannya saat bersepeda bisa membuatmu lebih mudah lelah sehingga kegiatan bersepedamu tidak optimal.

3. Batasi Konsumsi Gluten

Dibanding konsumsi makanan dengan gluten, pilihlah makanan yang lebih sehat seperti pisang, jeruk, dan kentang. Cara ini bisa membatasi konsumsi makanan olahan dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhmu.

Cara Bersepeda yang Bisa Dilakukan

4. Bersepeda Perlahan

Untuk lebih efektif membakar lemak, pastikan mengayuh sepeda dengan kecepatan yang membuatmu bernapas cukup berat namun masih tetap bisa berbicara. Cara ini bisa membuatmu cukup lelah namun tak terlalu kelelahan sehingga bisa berdampak maksimal.

5. Bersepeda Intensitas Tinggi Seminggu Sekali

Jika kamu sudah terbiasa bersepeda dengan santai, setidaknya sekali dalam seminggu kamu dapat meningkatkan intensitas. Cara ini bisa membuat tubuh membakar kalori dengan efisien dan membantu menurunkan berat badan.

6. Beri Variasi

Pada seseorang yang baru mulai bersepeda, hal ini bisa sangat membebani tubuh. Kamu bisa melakukan cross-training untuk menghindari beban yang terlalu berat dan tetap efektif dalam menurunkan berat badan.

Batasi Makan Terutama Gula dan Cukup Tidur

7. Makan dalam Porsi Kecil namun Sering

Jika kamu ingin bersepeda cukup lama, pastikan tubuh memiliki cukup bahan bakar. Kamu bisa mengonsumsi protein atau makanan kaya sayur setidaknya setiap tiga hingga empat jam.

8. Batasi Konsumsi Gula

Walau gula bisa memberi dorongan tenaga, namun juga rendah nutrisi dan bisa menjadi lemak. Membatasi konsumsi gula bisa menjadi cara efektif untuk mempercepat turunnya berat badan.

9. Cukup Tidur

Sebelum bersepeda, pastikan agar kamu tidur dalam waktu yang cukup. Hal ini bisa sangat bermanfaat tak hanya bagi kesehatan namun juga bagi konsenstrasi ketika di jalan.

Cukup tidur juga bisa membantumu pulih lebih cepat usai berolahraga. Hal ini sangat penting dalam upayamu untuk menurunkan berat badan.