Ini 5 Tanda yang Muncul pada Kaki ketika Kamu Menggunakan Sepatu yang Tidak Tepat

Kesehatan157 views

Inionline.id – Penggunaan sepatu merupakan hal yang sangat penting dalam aktivitas kita sehari-hari. Pemilihan sepatu yang tak tepat bisa menyebabkan masalah pada kondisi kita.

Sejumlah kondisi bisa muncul akibat pemilihan sepatu yang tak tepat ini. Hal ini juga bisa muncul akibat penggunaan sepatu yang terlalu lama.

Sejumlah dokter menyarankan bahwa penggunaan sepatu sebaiknya berkisar antara 6 hingga 12 bulan. Hal ini terutama penting diperhatikan pada sepatu yang digunakan secara rutin setiap hari.

Penggunaan sepatu yang lewat masanya bisa membuat kesehatan kaki menjadi terancam. Dampak ini tidak hanya dialami oleh kaki semata, namun juga bisa menimbulkan dampak pada postur tubuh dan meningkatkan risiko tubuh kita mengalami cedera.

Penting untuk mengenali sejumlah tanda yang muncul ketika sudah waktunya bagimu untuk mengganti sepatu. Dilansir dari Reader Digest, berikut sejumlah tanda yang penting disadari ketika sudah perlu untuk mengganti sepatu.

1. Sepatu Mudah Rusak

“Ketika kamu menyadari bahwa sepatu yang digunakan menjadi tak merata habisnya atau ketika lebih cepat rusak, hal ini bisa menjadi tanda bahwa sepatu ini tidak terbuat secara baik dan bisa berdampak buruk,” terang Daniel Pledger, DPM, podiatris.

Karena telapak kaki kita kontak secara konstan dengan sol sepatu sepatu melangkah, maka bagian ini secara perlahan akan habis dan rusak. Jika sepatu ini terbuat dari bahan murahan dan tidak bisa menyangga kaki dengan tepat, sepatu bisa lebih cepat rusak.

Oleh karen itu, ketika sepatu yang kamu gunakan ini lebih cepat rusak, maka sudah waktunya untuk menggantinya. Pastikan untuk mengganti sepatu dengan bahan yang lebih baik dan lebih awet.

Muncul Rasa Sakit dan Juga Sepatu yang Tak Nyaman

2. Munculnya Rasa Sakit di Kaki, Lutut, dan Punggung Bagian Bawah

Sepatu memiliki peran yang signifikan terhadap kesehatan kaki, postur tubuh, dan mobilitas.

“Ketika kamu mengalami rasa sakit di kaki, lutut, atau punggung bagian bawah, hal ini bisa menjadi tanda bahwa sepatumu tidak mampu menyokong dengan tepat,” terang dr. Pledger.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Food and Ankle Research menyebutkan bahwa rasa sakit dan penyakit di kaki bisa jadi dampak dari ukuran sepatu tak pas. Diketahui bahwa penggunaan sepaty yang tak tepat baik lebar atau panjang, bisa memunculkan rasa sakit di kaki serta berbagai masalah kaki.

3. Rasa Tak Nyaman saat Menggunakan Sepatu

Kondisi tak nyaman saat menggunakan sepatu berupa sering membetulkannya bisa menjadi tanda rasa tak nyaman ini. Hal ini bisa berupa kamu sering membetulkan posisi sepatu atau juga sering mengikat ulang sepatu.

“Jika kamu sering mengatur sepatu atau mengikat ulang sepanjang hari, hal ini bisa menjadi tanda bahwa sepatu tidak pas dan bisa menyebabkan rasa tak nyaman,” terang dr. Pledger.

Kaki Melepuh dan Kemerahan

4. Kaki Melepuh

Kondisi kaki melepuh bisa menjadi tanda bahwa sepatu yang kamu gunakan tidak nyaman.

“Melepuh selalu merupakan tanda masalah ini,” terang dr. Suzanne Levine, DPM, RPT, PC, podiatris asal New York.

Melepuh di kaki muncul ketika kulit bergesekan dengan sepatu sehingga sel kulit terpisah dan menyebabkan penumpukan cairan karena gesekan yang konsisten. Ketika kondisi ini kerap terjadi pada sepatu yang kamu gunakan, maka ini merupakan tanda untuk menggantinya dengan yang baru.

5. Muncul Kemerahan di Kaki

“Kemerahan di jari, keras di jari, kapalan, dan iritasi terutama di kaki bagian bawah, hal ini biasanya disebabkan karena sepatu yang kurang tepat,” terang dr. Levine.

Kemerahan di kaki bisa menjadi tanda dari sejumlah masalah kesehatan seperti infeksi dan peradangan. Namun, kemerahan ini juga bisa menjadi tanda dari sepatu yang tidak tepat.

Ukuran sepatu yang tidak tepat dan tidak nyaman juga bisa menyebabkan sejumlah masalah seperti kutu air dan infeksi jamur yang bisa terjadi ketika kaki berkeringat dan menggunakan sepatu yang ketat. Hal ini juga bisa menimbulkan turunnya aliran darah di kaki sehingga muncul rasa sakit dan kram.