Coba Lakukan Hal Ini Jika Ingin Baterai Hape Awet

Iptek257 views

Inionline.id – Baterai merupakan nyawa bagi smartphone, tanpanya segala urusan kita di era digital ini mungkin akan terhambat, apalagi jika sedang bepergian. Meski sudah ada powerbank yang mendukung pengisian daya di tengah mobilitas, rasanya tetap penting untuk mengupayakan agar baterai smartphone bisa lebih tahan lama.

Kamis (22/9), baterai smartphone sebetulnya memiliki umur yang panjang apabila digunakan dengan benar. Saat merawat baterai, kita sekaligus meningkatkan masa pakai baterai dan menghindari penggantian baterai lebih dini.

Untuk itu, Merdeka.com merangkum hal-hal yang bisa dilakukan agar baterai smartphone kita lebih awet, yuk simak lima tips berikut ini!

Gunakan Official Charger
Official charger atau charger bawaan biasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan smartphone, mulai dari ukuran hingga arus listrik. Menggunakan charger lain hanya akan memperburuk kondisi baterai, misalnya jadi lebih cepat habis atau lebih lama terisi.

Charge HP dengan Ketentuan Ini
Hindari mengisi lebih dari 80 persen dan menghabiskannya hingga di bawah 20 persen. Namun, setiap sebulan sekali lakukan juga pengisian daya hingga 100 persen dan habiskan sampai 0 persen untuk menyelesaikan satu siklus pengisian daya agar kesehatan baterai terjaga.

Minimalisir Penggunaan Fast Charging
Fast charging mungkin efisien, tetapi fitur ini membuat baterai tertekan. Jadi, gunakan fast charging hanya jika dibutuhkan dan lebih sering gunakan pengisian daya standar.

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
Cahaya latar merupakan salah satu penguras daya tertinggi. Agar baterai lebih awet, kita perlu menurunkan tingkat kecerahan dan mengaturnya agar tetap bisa dilihat. Dapat pula mengaktifkan fitur kecerahan otomatis yang mampu menyesuaikan pencahayaan dengan lingkungan sekitar.

Persingkat Waktu Penguncian Otomatis
Waktu penguncian otomatis yang singkat dapat membantu mengurangi penggunaan layar smartphone sehingga lebih sedikit menguras baterai. Semakin singkat akan semakin baik dalam segi penggunaan baterai, sesuaikanlah dengan kebutuhanmu.

Nah, itu dia kiat-kiat sederhana yang bisa dilakukan mulai detik ini. Bijak dalam penggunaan baterai akan memberi kita sejumlah manfaat, misalnya manfaat jangka pendek berupa mencegah smartphone mati saat dibutuhkan dan manfaat jangka panjang berupa masa pakai baterai yang lebih lama.