by

Cara Membuat Sambal Gandaria khas Betawi

Inionline.id – Anda mungkin masih merasa asing ketika mendengar nama buah gandaria. Kekinian, buah gandaria memang sudah jarang ditemukan di sekitar kita.

Buah gandaria ini memiliki ciri-ciri khas yakni warnanya yang kuning kehijauan. Sekilas, buah gandaria ini memang tampak seperti mangga.

Bedanya, saat dibelah biji dari buah gandaria ini warnanya putih bersih. Buah gandaria sendiri biasanya tumbuh di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

Biasanya, buah gandaria ini diolah menjadi berbagai macam hidangan pelengkap atau jus.

Buah Gandaria atau jatake. (Pixabay/@thaizeal)
Buah Gandaria atau jatake. (Pixabay/@thaizeal)

Nah, ternyata buah gandaria ini juga bisa dijadikan campuran sambal yang segar untuk dijadikan pendamping makan nasi dan lauk berupa ikan goreng lo.

Selain enak, buah ini ternyata juga kaya nutrisi lho. Dalam 100 gram buah gandaria mengandung 110 vitamin C, 150 miligram serat, 9 miligram kalsium, hingga 23 miligram betakaroten.

Manfaatnya juga tak tanggung-tanggung, dari melancarkan peredaran darah hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan air yang tinggi bisa membantu proses penyerapan zat besi menjadi lebih efektif. Sehingga nantinya bisa meningkatkan imun tubuh.

Nah, jika akamu penasaran dengan rasanya, berikut ini kami bagikan resep sambal gandaria khas Betawi dijamin enak dan seger untuk dijadikan lauk makan bersama ikan asin, tempe goreng, hingga lalapan. Dilansir dari akun Dina ‘Ummu Khal Kitchen’ di laman Cookpad, berikut ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 10 buah gandaria, cuci bersih
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdm gula merah
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir

Cara memasak:

  1. Belah 2 buah gandaria lalu buang bijinya. Iris-iris buah gandaria lalu sisihkan. Siapkan panci kecil, rebus cabe merah dan cabe rawit hingga matang, tiriskan.
  2. Haluskan cabe, garam, terasi, gula pasir uleg halus atau kasar sesuai selera.
  3. Terakhir masukkan irisan gandaria, penyet-penyet hingga keluar sarinya dan sambel tercampur rata.
  4. Sambal gandaria siap disajikan bersama lalapan dan lauk pauknya.