2 Hari Lagi Menhub Umumkan Kenaikan Tarif Ojol Berdasar Harga BBM Baru

Ekonomi157 views

Inionline.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal mengumumkan kenaikan tarif ojek online (ojol) pada Rabu (7/9).

Menurutnya ini adalah bentuk langkah yang dilakukan Kementerian Perhubungan untuk menangani dampak kenaikan harga BBM bagi sektor transportasi.

“Untuk penyesuaian tarif ojek online akan kami umumkan dalam dua hari ke depan, dengan besaran yang telah disesuaikan dengan kondisi terakhir penyesuaian harga BBM,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (5/9).

Agar penerapannya dapat berjalan dengan baik, Menhub telah meminta Dirjen Perhubungan Darat untuk mengintensifkan komunikasi dengan dengan mitra pengemudi ojol dan pihak aplikator.

Selain itu, Kemenhub juga melakukan penyesuaian tarif angkutan umum kelas ekonomi, khususnya pada moda transportasi bus. Kajian yang akan dilakukan yaitu terkait tarif penumpang ekonomi angkutan antar kota antar provinsi (AKAP).

“Besaran tarif akan ditentukan oleh kajian yang tengah kami lakukan, dan hasilnya akan kami sampaikan dalam waktu dekat,” jelasnya.

Sementara itu, Budi mengungkapkan dampak dari adanya kenaikan harga BBM bersubsidi pada moda transportasi laut, udara, dan kereta api kelas ekonomi tidak terlalu signifikan, namun demikian kajiannya tetap akan dilakukan dan diumumkan dalam waktu dekat.

“Untuk transportasi udara, saat ini kami melihat tren penurunan harga tiket pesawat di waktu-waktu tertentu. Ini menjadi hal yang menggembirakan sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkasnya.

Presiden Jokowi menaikkan harga BBM pertalite, solar dan pertamax mulai Sabtu (3/9) pukul 14.30.

Rinciannya, pertalite naik dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter, solar naik dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter dan pertamax naik dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.