Untuk Anak 6-17 Tahun Vaksin Covid-19 Inavac dan Indovac sedang Diajukan Proses Uji

Berita157 views

Inionline.id – Untuk vaksin anak usia 6-17 tahun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengungkapkan dua vaksin Covid-19 buatan dalam negeri yakni Inavac dan Indovac sedang diajukan untuk uji klinik.

Vaksin Inavac dengan platform inactivated virus dikembangkan oleh tim peneliti dari Universitas Airlangga bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia. Sementara Indovac dengan platform subunit protein dikembangkan oleh PT Bio Farma dan Baylor College of Medicine.

“Vaksin Merah Putih Inavac dan BUMN Indovac juga sedang dalam proses pengajuan protokol uji klinik untuk vaksin anak,” kata Penny dalam rapat bersama Komisi IX DPR RI di Jakarta, Selasa (30/8).

Penny melanjutkan, vaksin Inavac sudah rampung uji klinik fase I dan II hingga follow up. Sementara tahapan uji klinik fase III sudah memasuki penyelesaian penyuntikan dosis kedua dan follow up study.

Sedangkan vaksin Indovac untuk tahapan uji klinik fase I sudah sampai follow up lima bulan, uji klinik fase II folllow up tiga bulan, dan uji klinik fase III follow up 48 hari.

Penny menargetkan izin penggunaan darurat (EUA) kedua vaksin buatan dalam negeri ini dapat diberikan pada September mendatang.

Ia menyebut, saat ini BPOM masih melakukan kajian terhadap laporan penelitian pada ribuan subjek yang menjalani injeksi kedua di masing-masing laboratorium uji coba.

Selain itu, BPOM juga sekaligus mengevaluasi uji klinik kedua vaksin buatan dalam negeri ini terkait kegunaannya untuk vaksin dosis penguat atau booster.

“Keduanya sedang proses pengajuan protokol uji klinik primer anak dan booster dewasa,” ujar Penny.