Sebanyak 14 Jet Tempur Terbang di Istana Presiden

Berita157 views

Inionline.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan atraksi flypast dengan menerbangkan 14 jet tempur F-16 Fighting Falcon di atas Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8).

Atraksi itu dilakukan setelah upacara pengibaran bendera. Tim penerbang Garuda Flight membentuk formasi 77 dan terbang tepat di atas tempat Presiden Joko Widodo.

“Kami elang-elang Angkatan Udara di bawah langit ibu kota mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 RI tahun 2022. Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” kata Mayor Penerbang Bambang Aulia Yudistira, Flight Leader Garuda Flight.

Aksi itu dilanjutkan dengan manuver Nusantara Flight. Kali ini, helikopter-helikopter milik TNI dan Polri melintas di atas istana.

Tim itu terdiri dari Helikopter AH64 Apache TNI Angkatan Darat, Helikopter AS565 Panther TNI Angkatan Laut, Helikopter EC725 Karakal dan Helikopter NAS332 Super Puma TNI AU, dan Helikopter AW169 Polri.

Nusantara Flight membawa bendera Merah Putih raksasa. Penerbangan ini melintasi area Monumen Nasional.

Sebelumnya, pemerintah menggelar Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8).

Upacara tersebut dimulai dengan kirab kebudayaan dan pengantaran Merah Putih. Setelah itu, Paskibraka mengibarkan Merah Putih di Istana Merdeka.

Selain Jokowi, sejumlah pejabat negara hadir dalam upacara Kemerdekaan RI ke-77. Beberapa di antaranya adalah Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.