Ini 7 Street Food Terenak di Asia, Mudah Ditemukan dengan Harga Bersahabat

Inionline.id – Selain makanan daerah, salah satu kuliner yang patut Anda coba saat mengunjungi suatu tempat adalah street food atau makanan yang biasa dijual di pinggir jalan! Di samping harganya yang murah, Anda akan menemukan sensasi sendiri saat mencicipi street food langsung di tempat asalnya.

Street food Asia sendiri menjadi salah satu yang paling populer. Bahkan, sudah banyak film dokumenter yang mengangkat keragaman cita rasa seafood di Asia. Di antara daftar makanan enak tersebut, ada juga yang berasal dari Indonesia.

Berikut beberapa street food terenak di Asia. Ada makanan favorit Anda atau tidak?

Gado-gado – Indonesia

Cita rasa potongan sayuran mentah dengan siraman bumbu kacang pada gado-gado rupanya membuatnya menjadi salah satu street food terenak di Asia yang berasal dari Indonesia.

Sayuran yang digunakan pada gado-gado biasanya ada wortel, tauge, kol, kacang hijau, dan selada. Supaya makin nikmat, gado-gado juga dilengkapi potongan tahu dan tempe goreng, serta kerupuk udang.

Minuman bubble tea. (Shutterstock)
Minuman bubble tea. (Shutterstock)

Bubble tea – Taiwan

Perjalanan ke Taiwan akan terasa kurang tanpa mencicipi bubble tea atau juga sering disebut es boba. Saat ditemukan pada tahun 1980-an, sejatinya es boba ini terbuat dari teh hijau yang dicampur dengan tepung tapioka.

Ciri khas boba ada pada teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis. Berkat kepopulerannya, boba kini juga bisa ditemukan di Indonesia.

Curry fish ball – Hongkong

Street food terenak di Asia selanjutnya bisa ditemukan di Hongkong yaitu curry fish ball atau bakso ikan kari. Curry fish ball sangat mudah ditemukan di pedagang kaki lima karena di sinilah rasanya akan terasa sangat kuat.

Sesuai namanya, makanan satu ini terbuat dari ikan yang dibentuk bulat seukuran pingpong. Setelah ditusuk menyerupai sate, fish ball akan dimasak dengan kuah kari yang sangat kental.

Roti kaya – Singapura

Bagi warga Singapura, salah satu hidangan favorti saat sarapan adalah roti kaya. Pada dasarnya, ini adalah roti bakar seperti yang sering Anda lihat. Bedanya, srikaya menjadi isian andalan makanan satu ini.

Namun, roti ini juga bisa disajikan dengan telur, taburan gula, atau bahkan mentega saja. Sebagai pendamping, roti kaya biasa disantap dengan teh susu.

Kimbap, makanan Korea yang kerap muncul di film drakor. (Unsplash/Deviyahya)
Kimbap, makanan Korea yang kerap muncul di film drakor. (Unsplash/Deviyahya)

Kimbap – Korea Selatan

Bagi Anda pecinta drama Korea, mungkin sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Nasi yang digulung dengan isian berupa sayur, telur, sampai daging ini menjadi salah satu street food sekaligus bekal andalan di Negeri Gingseng. Rasa rumput laut nan khas yang dipakai sebagai pembungkus juga membuatnya semakin nikmat.

Potongan kimbap yang kecil-kecil akan memudahkan siapa pun saat memakannya. Dalam sekali gigitan, Anda bisa mendapat karbohidrat, protein, dan nutrisi lain.

Takoyaki – Jepang

Nama Takoyaki diambil dari bahan dasar serta pengolahan street food dari Jepang satu ini. ‘Tako berarti gurita dan yaki berarti panggang. Gurita ini dipanggang sebagai isi dari adonan berbentuk bulat dan sedikit kenyal.

Takoyaki dimasak dengan cara menuangkan adonan ke dalam cetakan, menambahkan potongan gurita, kemudian membaliknya supaya matang merata.

Kepiting cabai – Singapura

Hidangan ikonik asal Singapura ini mulai menghiasi warung-warung kaki lima sejak tahun 1950-an. Jenis kepiting yang sering digunakan adalah kepiting lumpur. Meski dinamai cabai, cita rasa makanan satu ini sebenarnya cukup kompleks, Anda bisa merasakan manis dan asam dalam satu suapan.