Ini 4 Wisata di Enrekang yang Belum Banyak Diketahui Orang Luar

Inionline.id – Kabupaten Enrekang adalah salah satu kabupaten yang berada di Sulawesi. Enrekang menyimpan banyak sekali pesona tersembunyi yang masih jarang dikenal oleh masyarakat luar. Wisata Enrekang mulai dari air terjun, permandian, situs sejarah, yang begitu memanjakan mata.

Kabupaten Enrekang adalah daerah yang jauh dari pinggir pantai, jadi maklum kalau daerah ini tidak memiliki pantai eksotis seperti daerah lain. Namun Kabupaten ini adalah daerah yang hampir seratus persen daerahnya adalah pegunungan. Ini sekilas beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika mampir ke Kabupaten Enrekang.

Tempat Wisata Enrekang yang Patut Kamu Kunjungi

1.  Permandian Lewaja.

Wisata permandian Lewaja. (Facebook/i love enrekang)
Wisata permandian Lewaja.

Permandian Lewaja adalah salah satu tempat wisata yang berada tidak jauh dari kota Enrekang. Permandian lewaja adalah permandian yang berasal dari air pegunungan asli yang dapat membuat para wisatawan merasakan kesegaran alam yang hakiki.

2. Waterbak Matua .

Wisata water bak Matua. (Facebook/Celebes)
Wisata water bak Matua.

Satu lagi pilihan tempat permandian dengan mata air alam yang menyegarkan. Waterbak Matua memiliki kolam renang yang sangat luas dengan kedalam hampir mencapai 2 m untuk orang dewasa. Selain itu  terdapat juga tempat khusus untuk anak anak yang dilengkapi dengan seluncuran berwarna-warni, sehingga wisatawan tidak perlu takut ketika memilih tempat ini sebagai tempat liburan untuk keluarga. Dari kolam kita dapat menikmati tebing batu yang menjulang tinggi yang hampir menyerupai tembok besar.

3. Gunung Nona.

Wista Gunung Nona. (Facebook/Gunung Nona)
Wista Gunung Nona.

Gunung nona atau yang sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai Buntu Kabobong adalah salah satu ciri khas Kabupaten Enrekang. Gunung Nona adalah dua bukit kembar  yang yang saling bersebelahan dengan bentuk yang cukup unik. Gunung nona berada di Kecamatan Anggeraja, tempatnya juga terbilang strategis sebab dilalui oleh jalan poros Toraja Makassar. Kita dapat menikmati keindahan alamnya secara gratis, Tidak heran jika banyak wisatawan yang memilih singgah untuk menikmati keindahannya, banyak yang menjadikan tempat ini sebagai background ketika berfoto.

4. Tebing Mandu.

Wisata tebing Mandu. (Facebook/ENREKANG DEKAT)
Wisata tebing Mandu.

Tebing mandu merupakan salah satu potensi wisata budaya yang ada di Kabupaten Enrekang Dengan ketinggian 180 meter, mandu ini terletak di Sungai Mata Allo, Desa Tontonan, Kecamatan Anggeraja. Di tengah tebing terdapat lubang memanjang yang di dalamnya terdapat kuburan tua yang terbuat dari kayu, mirip dengan kuburan yang berada di Toraja.

Tebing ini juga sering dijadikan sebagai tempat wahana panjat tebing, sehingga banyak sekali para pecinta panjat tebing yang berkunjung ke sini. Selain dari bebarapa tempat wisata di atas, masih banyak lagi tempat wisata unik dan keren lainnya, yang dijamin dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada para pengunjung.