Ini 3 Aktivitas Self-Healing yang Populer di Bali

Inionline.id – Pesona Bali memang tak perlu diragukan lagi. Menurut Time Magazine yang baru-baru ini dirilis, Bali termasuk salah satu dari 50 destinasi terbaik yang wajib untuk dikunjungi di tahun 2022.

Bali dinilai menawarkan pengalaman berwisata yang luar biasa lewat daya tarik hotel, resor, alam, dan aktivitas selama berwisata. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pesona Bali memang tidak perlu  diragukan lagi.

“Harapan ke depannya semakin banyak lagi wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Bali untuk merasakan pengalaman wisata yang luar biasa, sehingga bisa mendorong kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujar Sandiaga.

#ItstimeforBali! Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Bali. Salah satu kegiatan yang populer dilakukan oleh wisatawan adalah self-healing. Selain untuk memahami diri sendiri, self-healing juga bisa membentuk pribadi yang lebih tangguh dalam menghadapi kesulitan dan trauma masa lalu.

Berikut adalah 3 aktivitas self-healing yang populer di Bali!

1. Melukat di Tirta Empul
Berlokasi di Tampak Siring Gianyar Bali, Tirta Empul merupakan salah satu pura yang terkenal di Bali dan menjadi tempat suci bagi umat beragama Hindu. Pura Tirta Empul dikenal juga sebagai objek wisata spiritual, salah satunya melukat atau membersihkan jiwa dan pikiran yang biasa dilakukan oleh Umat Hindu. Umat non Hindu juga bisa merasakan sensasi melukat dengan bantuan pemandu wisata lokal di area pura.

Melukat bisa dilakukan kapan saja tapi ada baiknya jika dilakukan pada saat hari lahir atau pada hari suci misalnya Hari Galungan, Kuningan, Persembahyangan Purnama, dan hari suci lainnya. Tirta Empul memiliki sumber mata air yang disalurkan melalui pancuran ke kolam petirtaan.

Pancuran di Tirta Empul mempunyai namanya masing-masing. Nama pancuran ini adalah 13 pancuran tirtha pembersihan, 2 pancuran tirtha pelebur kutukan dan sumpah, dan 6 pancuran tirtha penyakit berat dan tirtha upakara.

Bagi yang ingin melakukan prosesi melukat, ada baiknya membawa sarung/kain sendiri dan mengikuti aturan yang sudah disampaikan. Biaya masuk Tirta Empul relatif terjangkau untuk masyarakat. Di sekitar Tirta Empul juga sudah tersedia fasilitas pendukung lain seperti halaman parkir, toilet, art & souvenir shop, restoran, sampai tempat penitipan loker.

2. Yoga di The Yoga Barn Ubud

Ubud menjadi tempat favorit wisatawan untuk menepi sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan. Bagi yang ingin mencari ketenangan sekaligus memiliki badan yang sehat, bisa mencoba aktivitas yoga di The Yoga Barn Ubud. Yoga merupakan olahraga untuk keseimbangan dan fleksibilitas tubuh, selain itu menurut beberapa penelitian yoga juga bisa membantu melawan kecemasan, depresi, dan stres.

The Yoga Barn Ubud berdiri sejak tahun 2007, memiliki 9 studio yoga dan 1 watsu pool dengan pemandangan alam yang bisa Anda nikmati sambil berolahraga. Kelas yoga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kelas untuk pemula hingga kelas yang ditujukan untuk menjadi pelatih yoga profesional. Anda bisa datang langsung 30 menit sebelumnya untuk melakukan registrasi di resepsionis.

The Yoga Barn juga menyediakan segala keperluan untuk yoga, seperti yoga mat, strap, bolster, block, dan blanket. Jadwal dan harga kelas yoga bisa Anda lihat melalui website www.theyogabarn.com.

Setelah melakukan yoga, Anda bisa menikmati makanan dan minuman segar nan sehat di The Garden Cafe yang berada di dalam The Yoga Barn Ubud. Di kafe ini Anda bisa bertukar pengalaman dan juga menambah teman baru dengan komunitas pencinta yoga ataupun pemula.

Fasilitas menarik lain yang ditawarkan di The Yoga Barn Ubud adalah KUSH Rejuvenation Spa. Menikmati pijatan dan aromatherapy di KUSH Rejuvenation Spa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin merelaksasi tubuh setelah melewati aktivitas yang padat.

3. Meditasi dan Sound healing di Bali Eling Spirit
Meditasi, Retreat Tapa Brata adalah bagian penting dalam kehidupan untuk melepaskan kepenatan, energi negatif, dan stres yang tinggi. Sound healing adalah terapi dengan suara sakral dari Tibetan singing bowlTibetan singing bowl merupakan instrumen yang digunakan oleh para spiritualist dan meditator untuk menemukan tingkat keheningan yang mendalam saat melakukan yoga dan meditasi.

Selain itu, Tibetan singing bowl juga diyakini bisa menghapus energi negatif yang tersimpan di dalam lapisan tubuh fisik sampai di kedalaman jiwa. Sensasinya berupa pelepasan stres dan kecemasan menjadi lebih tenang, damai, dan rasa ringan di seluruh lapisan tubuh.

Terapi sound healing bisa Anda rasakan di Bali Eling Spirit. Selain sound healing, Bali Eling Spirit juga menawarkan meditasi, yoga, termasuk pelatihan intsruktur yoga bersertifikat internasional, eling retreat, konsultasi, pelukatan 7 chakra, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk yang ingin mengenali diri sendiri dan mengesampingkan berbagai pikiran negatif yang memicu datangnya stres, memotivasi diri, penyembuhan secara spiritual, dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman, Anda bisa mengikuti program tapa brata yoga, dan meditasi di Bali Eling Spirit.

Bali Eling Spirit juga menyediakan program reguler online untuk Anda yang tidak bisa hadir secara langsung. Anda bisa mengunjungi YouTube Pasraman Bali Eling Spirit untuk meditasi, pandangan hidup di jalan yoga, dan spiritual dari pakarnya langsung atau masternya, yaitu Sri Bhagawan Sriprada Bhaskara dan Jero Ratni.

Bagi yang ingin mencoba meditasi, yoga retreat, tapa brata, dan sound healing di Bali Eling Spirit bisa mengunjungi akun Instagram @bali.elingspirit untuk melihat program atau jadwal lengkapnya.

Siap liburan dan merasakan sensasi self-healing di Bali? Sebelum bepergian, pastikan Anda sudah vaksin booster dan usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman.