ODGJ di Sentul Bogor Diamankan Karena Kerap Ngamuk hingga Lukai Warga

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Pria berinisial HF (38) di Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang diamankan Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor. Dia diamankan karena kerap mengganggu warga.

Komandan Regu (Danru) 2 Rescue Damkar Kabupaten Bogor M Ridwan mengatakan pria tersebut merupakan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ. Dia disebut sampai melukai keluarganya.

“Penangkapan atas dasar laporan warga sekitar atas gangguan atau ODGJ yang meresahkan warga dikarenakan suka mengamuk-ngamuk dan melukai orang yang lewat. Dia telah melukai orang tua dan keluarganya,” kata Ridwan melalui keterangannya, Senin (11/7/2022).

Peristiwa pria ngamuk hingga lukai warga itu terjadi pada Minggu (10/7) pukul 09.00 WIB kemarin. Kemudian, warga melaporkan kejadian itu pada pukul 13.30 WIB.

“(Melukainya) dipukul, informasi sih dua orang dari pihak keluarga ya dan juga ada juga warga yang udah kena,” imbuhnya.

Petugas Damkar yang menerima laporan tersebut kemudian segera menuju ke lokasi kejadian. Mereka tiba di lokasi pukul 13.50 WIB.

“Karena keterbatasan alat di lokasi, aparat setempat melapor ke petugas Damkar untuk mendorong peralatan menunjang dalam proses evakuasi ODGJ tersebut,” jelasnya.

Ridwan menyebut, perlu ada pendekatan yang baik dan menenangkan ODGJ saat evakuasi berlangsung. Evakuasi dilakukan selama sekitar dua jam mulai pukul 14.00-16.00 WIB. HF kemudian dibawa ke RSJ Marzoeki Mahdi.

“Situasi akhir ODGJ berhasil dievakuasi,” tuturnya.