Ini 4 Destinasi Wisata Alam di Kecamatan Sempol Bondowoso yang Wajib Dikunjungi

Inionline.id – Memiliki bentang alam pegunungan yang sangat luas membuat wilayah Kabupaten Bondowoso mempunyai beragam aspek wisata bertema alam yang bisa dikunjungi.

Wilayah yang berbatasan dengan tiga kabupaten tersebut memiliki banyak destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi. Berjarak 94 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi membuat lokasi ini cukup mudah dijangkau bagi wisatawan yang berada di Bumi Blambangan.

Menempuh  jalur via kawasan Ijen membuat akses jalur menuju Bondowoso lebih dekat. Ada beberapa destinasi yang sempat saya kunjungi saat berada di sana. Berikut 4 rekomendasi wisata yang mungkin bisa jadi pilihan saat berada di Kabupaten Bondowoso.

1.    Kawah Wurung

Jika menempuh perjalanan dari Kawasan Ijen, lokasi pertama yang bisa kalian kunjungi adalah Kawah Wurung. Berada di Dusun Margahayu, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kebupaten Bondowoso destinasi wisata ini bakal memanjakan mata dengan hamparan perbukitan mirip bukut teletabies.

Menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi saat ke liburan ke Bondowoso. Kawah Wurung menyuguhkan pemandangan alam yang memesona.

Perpaduan warna pegunungan berpendar dengan langit membuat pengunjung bakal terpesona oleh keindahan alamnya. Lanskap perbukitan dan kawah yang unik juga memberikan keunikan tersendiri sehingga jadi lokasi yang wajib kalian kunjungi.

2.    Air Terjun Blawan

Masih berada di Desa Kalianyar Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso kalian bisa mengunjungi air terjun ini untuk menikmati sensai air panas geothermal milik alam.

Lokasinya hanya dibedakan dusun saja di Rengahrejo. Konon, air terjun Blawan ini menjadi tempat semedi Damar Wulan sebelum melawan Minak Jinggo.

Namun, jika melihat keindahan yang disuguhkan dari air terjun ini, serta sejuk dan segarnya nuansa alam di sekitarnya, lumrah jika Damar Wulan memilih tempat ini sebagai lokasi untuk merefleksikan diri.

3.    Lawang Seng

Bergeser ke Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Lokasi wisata ini dikenal oleh warga dengan wisata Lawang Seng, atau Kawah Ilalang.

Tempat tersebut bukanlah sebuah kawah yang mengeluarkan gas belerang layaknya kawah pada umumnya, melainkan sebuah perbukitan yang membentuk seperti kawah, karakteristik dari Kawah Ilalang hampir sama dengan Kawah Wurung yang terletak di sebelahnya.

Di kawasan Kawah Ilalang banyak ditumbuhi oleh tanaman ilalang, oleh karena itu tempat keren ini dinamakan Kawah Ilalang. Pemandangan di lokasi ini tak perlu diragukan lagi, sangat cocok untuk menyegarkan mata dengan sejauh mata memandang akan terlihat hamparan rerumputan hijau.

4.    Mini Niagara

Masih di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso destinasi selanjutnya ialah Mini Niagara yang berada di Dusun Plalangan II.

Mini Niagara menampilkan air terjun yang mirip di Ontario, Kanada, Amerika dalam versi lebih kecil. Pemandangannya kurang lebih sama, kalian akan disuguhi enam aliran sungai yang menyatu ke satu aliran utama dan menghadirkan air terjun yang melebar, mirip seperti Niagara.

Lokasi wisata di Bondowoso tersebut sukses menggaet hati para wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata di Bondowoso yang satu ini selepas Pandemi Covid-19.

Selain memberikan hawa segar dan pesona keindahan desa, kucuran air yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi air terjun cantik Niagara Mini versi Bondowoso ini. Selamat Berkunjung.