UGM Gandeng Kemenkominfo Gelar KKN untuk Membangun Literasi Digital masyarakat

Pendidikan157 views

Inionline.id – Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). KKN bertujuan membangun literasi digital di masyarakat.

“KKN kolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika ini untuk mengedukasi masyarakat desa mengenai teknologi digital dalam rangka mendukung program Literasi Digital oleh Kemenkominfo,” ujar Rektor UGM, Ova Emilia, dalam keterangan tertulis, Senin, 27 Juni 2022.

Ova menegaskan pelaksanaan KKN-PPM merupakan salah satu wujud komitmen UGM mengimplementasikan Education for Sustainable Development (ESD). Yaitu pendidikan yang mendorong perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap untuk memungkinkan masyarakat lebih berkelanjutan dan adil bagi semua.

“Untuk periode tahun 2022 ini, tema kita Memperkokoh Jaringan Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Berkolaborasi dengan Banyak Pihak. Kami berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kemenkominfo RI melalui program Literasi Digital untuk KKN-PPM periode ini,” tutur Ova.

Sebanyak 6.247 mahasiswa akan diterjunkan dalam KKN-PPM Tahun 2022. Ribuan mahasiswa itu telah diberikan pembekalan khusus mengenai empat pilar utama Literasi Digital.

Adapun, satu kelompok KKN terdiri atas 20 hingga 30 mahasiswa yang bertugas mengedukasi satu desa sesuai dengan proposal termasuk melakukan penyuluhan mengenai Literasi Digital. Materi tentang Literasi Digital tersebut akan diteruskan kepada masyarakat di 441 desa yang tersebar dalam 199 kecamatan, 85 kabupaten/kota, 28 provinsi di Indonesia.

“KKN-PPM UGM Periode Tahun 2022 ini akan dilaksanakan selama 50 hari secara luring mulai 25 Juni sampai 13 Agustus 2022,”  tutur Ova.