Tegaskan Pencarian Eril Prioritas, Pihak Kemlu Swiss Temui Ridwan Kamil

Berita057 views

Inionline.id – Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Swiss menemui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia. Kemlu Swiss memastikan pihaknya akan terus melakukan pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Berdasarkan keterangan KBRI Bern, pihak Kemlu yang menemui Ridwan Kamil adalah Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri Swiss, Duta Besar Beatrice Schaer. Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad juga turut mendampingi dalam pertemuan itu.

“Duta Besar Schaer kembali menekankan dukungan penuh Pemerintah Swiss atas upaya pencarian Saudara Eril, dan menjadikan pencarian ini sebagai prioritas utama,” bunyi keterangan pers KBRI Bern, Kamis (2/6/2022).

Pihak Kemlu juga menyampaikan pesan Duta Besar Schaer yakni memastikan bahwa Kementerian Luar Negeri Swiss telah berkomunikasi erat dengan pihak Kepolisian Kota Bern dalam memantau perkembangan pencarian Eril. Diketahui, hingga saat ini tim SAR Swiss masih melakukan pencarian Eril.

“Pencarian Eril di sungai Aare, kota Bern hari ini terus diintensifkan dengan metode patroli darat, perahu, dan drone. Fokus pencarian hari ini adalah di area Marzili hingga pintu air Engehalde. Selain itu, patroli juga tetap dilakukan mulai area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee,” katanya.

Ridwan Kamil Susuri Sungai Aare

Selama proses pencarian Ridwan Kamil dan Atalia turut mencari keberadaan Eril. Bahkan Ridwan Kamil menyusuri Sungai Aare.

“Selain terus memantau secara dekat pencarian oleh Polisi Maritim, orang tua Sdr. Eril, Bapak Ridwan Kamil beserta Ibu Atalia, juga terus melakukan usaha mandiri untuk memeriksa langsung beberapa titik-titik potensial di sepanjang bantaran sungai Aare,” bunyi keterangan tertulis KBRI Bern seperti dilihat Kamis (1/6).

Ridwan Kamil dan Atalia menyusuri tepian Sungai Aare lewat rute darat hingga wilayah perairan yang masih aman.

“Rute yang ditempuh oleh orang tua Sdr. Eril termasuk rute darat dan beberapa wilayah perairan yang masih aman untuk dijelajahi manusia,” lanjutnya.

Diketahui, KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada Kamis (26/5) pukul 11.24. Upaya pencarian Eril–yang kini jalan hari ketujuh–oleh tim SAR melibatkan unsur polisi, polisi maritim, dan pemadam kebakaran, serta didukung pemerintah setempat.