Pemkab Turun Tangan Setelah Heboh Lagi Kali Sadang Bekasi Sempat Berwarna Merah

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Sempat heboh video yang menunjukkan Kali Sadang di Cibitung, Kabupaten Bekasi,  berwarna merah yang ramai dibahas di media sosial. Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan penyelidikan dugaan pencemaran di Kali Sadang.

“Saat ini masih dalam penyelidikan diduga ada seorang atau perusahaan membuang limbah ini ke pabrik dengan membawa tangki, itu yang membuat airnya seperti ini,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bekasi, Dani Ramdan saat dikonfirmasi pada Kamis (2/6/2022).

Dani menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pengawasan di di daerah tersebut. Pihaknya akan melakukan patroli dan memantau CCTV di sekitaran kali.

“Saya sudah instruksikan Dinas Lingkungan Hidup untuk meningkatkan pengawasan di sini dengan patroli atau kunjungan rutin maupun menggunakan alat seperti kamera CCTV atau apapun,” ujarnya.

Selain itu, Dani meminta masyarakat turut aktif melaporkan kepada pemerintah jika menemui hal yang mencurigakan. Pihaknya kata Dani akan segera melakukan penangkapan jika terbukti mencemari lingkungan.

“Saya meminta bantuan masyarakat sekitar karena mereka di sini yang paling terdampak jadi apabila ada indikasi mencurigakan itu langsung laporkan ke kita agar segera bisa ditangkap tangan karena kalo tangkap tangan prosesnya bisa lebih cepat,” ucapnya.

Ia juga memberikan pesan kepada para perusahaan untuk tidak sembarangan membuang limbah. Tidak hanya perusahaan, masyarakat pun diimbau untuk tidak melakukan buang sampah sembarangan ke kali.

Untuk mengantisipasi penumpukan sampah, Dani mengatakan pihaknya akan membuat bank sampah di tingkat RW. Menurutnya sampah rumah tangga yang diangkut menuju TPA masih belum maksimal.

“Untuk antisipasi ke depan saya minta dibangun bank sampah ya untuk di tingkat RW, sehingga sampahnya terkelola. Karena mungkin layanan dari Dinas Lingkungan Hidup untuk mengangkut sampah ke TPA belum maksimal karena keterbatasan kita,” ungkapnya.