Pasca Studi Banding ke Bendungan Kamijoro Yogyakarta, Dewan Jabar H. Supono Bakal Studi Komparasi Dengan Sungai di Jawa Barat

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Usai melakulan studi banding ke Yogyakarta, terutama ke bendungan Kamijoro, anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat H. Supono menyatakan Jawa Barat harus memiliki bendungan serupa guna memaksimalkan irigasi bagi areal persawahannya.

“Bendung di Kulonprogo ini membendungnya sungai Kulonprogo, memang ada harus terinteregasi ke program nasional, saya kira ini bagi Jawa Barat bisa seperti misalnya, Citarum atau wilayah-wilayah yang suangainya kewenangan pusat tetapi diperlukan pengairan atau persediaan air minum,” ungkap legislator PAN ini kepada awak media, Minggu (12/06/2022).

Bahkan dengan konsep bendungan seperti Kamijoro ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk irigasi di beberapa ribu hektar sawah sehingga jumlah lahan produktif naik oleh karena bendung tersebut.

“Saya pikir positifnya di Jawa Barat sungguh sangat memungkinkan dibangun bendungan serupa, tinggal memilih mana karakter sungai yang sama, itu menjadi mengurangi debit banjir yang kedua memanfaakan pengairan dan juga air bersih,” imbuh H. Supono.

Menurutnya, sistem irigasi pun diketahui tidak bisa asal-asalan, harus diperhatikan referensinya, lalu secara geografis, karakterristik sawah dimana perlu irigasi yang memadai serta, fungsi bendung sebagai persediaan air minum dari air yang bagian waduk saja.

“Nanti kita lihat karakter-karakter sungai mana di Jawa Barat yang bisa dioptimalkan, dan ini mudah-mudahan menjadi sebuah upaya untuk mensejahterakan masyarakat dengan tersedianya irigasi yang tuntas dan memadai dan juga persediaan air minum yang cukup,” pungkas H. Supono.