Masuk Museum hingga Naik MRT Gratis di Hari Ulang Tahun Jakarta

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Pada hari ini, Rabu (22/6) Hari Ulang Tahun Jakarta (HUT) ke-495 Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI pun menggratiskan layanan transportasi hingga tiket masuk ke sejumlah museum di Jakarta.

Mengutip akun Instagram Pemprov DKI, @dkijakarta, layanan museum gratis itu akan diberlakukan di 11 museum di bawah pengelolaan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

11 museum itu di antaranya, Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, Museum Tekstil. Kemudian, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeogi Onrust, Museum Si Pitung, dan Museum Betawi Setu Babakan.

Tidak hanya itu, seluruh penumpang dapat menikmati layanan Transjakarta, LRT, dan MRT secara cuma-cuma alias gratis khusus hari ini.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0076 Tahun 2022 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta dalam Rangka HUT DKI Jakarta ke-495.

Aturan tersebut ditetapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo pada Selasa (21/6). Layanan gratis bagi penumpang Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta berlaku mulai pukul 00.00-23.59 WIB.

“Menugaskan kepada PT Transportasi Jakarta, PT MRT Jakarta, dan PT LRT Jakarta untuk menyelenggarakan layanan transportasi umum massal pada 22 Juni dari pukul 00.00 sampai 23.59 WIB dengan ketentuan tarif, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta Rp0,” bunyi aturan tersebut, dikutip Selasa (21/6).

Tak hanya itu, tarif nol rupiah juga berlaku untuk layanan mikrotrans, layanan rusun, bus wisata, Transjakarta cares, dan penugasan transportasi Jakarta lain sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

Nantinya, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta yang akan menutup seluruh biaya terkait pelaksanaan penugasan tarif layanan gratis bagi penumpang Transjakarta hingga MRT. Biaya akan diberikan dengan mekanisme subsidi.