Kepulangan Jenazah Eril ke RI, Jokowi Minta Kemlu Bantu Maksimal

Berita057 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) agar memberikan bantuan maksimal untuk memproses kepulangan jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, ke Tanah Air.

Jenazah Eril telah ditemukan di Bendungan Engelhalde, Bern, Rabu (8/6).

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, kepada Dubes untuk secara maksimal membantu kepulangan jenazah dari Swiss ke Indonesia,” kata Jokowi di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (10/6).

“Kita harapkan Insya Allah bisa segera terlaksana pemulangan jenazahnya,” tambah dia.

Jokowi juga mengaku bersyukur jasad Eril saat ini sudah ditemukan. Ia pun menyatakan sudah menyampaikan dukacita secara langsung kepada Ridwan Kamil.

“Saya sudah dua hari yang lalu sudah berkomunikasi dengan Pak Ridwan Kamil untuk menyampaikan dukacita yang mendalam, tapi Alhamdullilah sudah ditemukan,” ujarnya.

Eril hanyut terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022. Setelah pencarian selama hampir dua pekan, jenazah Eril ditemukan kepolisian setempat pada Rabu (8/6) pagi di Bendungan Engelhalde, Bern.

Jenazah Eril rencananya akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6) dan akan dimakamkan pada Senin (13/6).

Pada Kamis (9/6), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Kemlu akan terus membantu Ridwan Kamil untuk memfasilitasi kepulangan jenazah Eril ke Indonesia.