Guna Atasi Kemacetan Puncak PUPR Akan Bangun Tol di Caringin

Ekonomi157 views

Inionline.id – Di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun jalan tol.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan jalan tol tersebut merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan jalur Puncak. Menurutnya, saat ini banyak pihak mendukung pembangunan jalan tol tersebut.

“Kalau sebelumnya kan kami masih pertimbangkan alternatif lain. Tapi sekarang dari sisi dukungan politiknya kan sudah ada,” ujarnya kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senin (20/6).

Ia menuturkan jalan tol itu akan dibangun dari Caringin, Kabupaten Bogor menuju puncak dengan jalur Caringin – Cisarua – Gunung Mas. Rencananya tol juga akan tersambung dengan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi.

Endra menyebut saat ini rencana pembangunan tol itu masuk proses pra studi kelayakan (Feasibility Study/FS) yang tahun ini sedang dilakukan.

Meski demikian, belum diputuskan apakah proyek ini akan menggunakan skema solicited atau masuk dalam rencana kerja kementerian, atau unsolicited secara prakarsa swasta.

“Kami belum tahu, itu opsinya bisa dengan investasi, mereka yang menawarkan bisa solicited atau unsolicited, kalau unsolicited akan kami lelang (ke swasta),” kata Endra.

Kemacetan di jalan raya Puncak terus menjadi perhatian pemerintah. Banyak upaya yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalah kemacetan tersebut.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan sejumlah hal yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemacetan jalan raya Puncak seperti melakukan pelebaran jalan, tetapi pertumbuhan kendaraan terus meningkat sehingga tetap terjadi kemacetan di jalur tersebut.

Ada tiga solusi yang ditawarkan Ditjen Bina Marga. Pertama, melakukan pelebaran jalan. Namun, hal tersebut terkendala dengan lahan yang sekarang sudah mahal.

Kedua, penataan simpang lantaran hasil penilaian ada empat atau lima titik kemacetan di jalur tersebut. Ketiga, membangun jalan tol dari Caringin menuju Puncak.