Dewan Jabar Supono Ingatkan Wagub Uu Ruzhanul Ulum Tanjakan Pari Ciamis Tidak Cukup Hanya dilebarkan Saja

Antar Daerah057 views

Bandung, Inionline.id – Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar yang hendak melebarkan ruas jalan Tanjakan Pari, Kabupaten Ciamis, pasca kecelakaan yang menewaskan 4 orang pada 21 mei 2022 lalu mendapat tanggapan dari anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat H. Supono.

Menurut legislator Partai Amanat Nasional (PAN) ini, seharusnya Pemprov Jabar punya strategi preventif, pencegahan dengan memperhatikan beberapa aspek.

Pengalamannya selama ini bermitra dengan Dinas Perhubungan Jawa Barat membuat H. Supono mengingatkan Pemprov Jabar mengenai karakteristik jalan dengan pertimbangan-pertimbangan berdasarkan hasil analisis seperti gerak aerodinamika dan lain sebagainya.

“Jadi tidak cukup hanya pelebaran jalan saja, harus ada stoper jika yang kondisi jalannya rentan dengan jarak tanjakannya jauh, jika jalan menurun harusnya ada stoper, disamping memang ruas jalannya harus memenuhi standar,” ujarnya kepada awak media melalui sambungan telepon, Kamis (09/06/2022).

Selain itu H. Supono juga merasa prihatin bahwa kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Provinsi kembali terulang.

“Seharusnya peristiwa seperti ini, peristiwa yang bukan baru setahun dua tahun sebenarnya sudah cukup menjadi pembelajaran, tapi oke kalaupun sekarang ada langkah pelebaran jalan yang lebih komperhensif belum terlambat daripada tidak melakukan sama sekali, ini menjadi pelajaran yang berarti memang yang namanya kecelakaan kita banyak unsur selain jalan, kendaraan, dan manusianya, tapi paling tidak infrastrukuturnya harusnya memenuhi standar,” pungkas H. Supono.