Ini Tips Agar Nasi Matang di Rice Cooker Tak Cepat Basi

Inionline.id – Rice cooker memang menjadi salah satu cara cepat untuk menanak nasi dengan matang sempurna. Namun, tidak jarang beberapa orang mengalami kendala saat memasak nasi meskipun sudah menggunakan rice cooker.

Sebelum maraknya teknologi rice cooker, orang terdahulu memasak nasi dengan menggunakan kukusan.

Umumnya, ketika nasi matang di dalam kukusan setelahnya akan diaduk terlebih dahulu sebelum didiamkan atau langsung dikonsumsi.

Banyak orang terdahulu percaya, bahwa nasi yang disimpan usai diaduk terlebih dahulu menjadi tidak mudah basi.

Ternyata tahapan mengaduk nasi sesudah matang memang seharusnya dilakukan karena membuatnya tak cepat basi.

Dilansir laman instagram @Resepmimoms, profesor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof.Dr.Eng. Mikrajuddin Abdullah, M.Si mengungkap fakta bahwa nasi yang baru matang dari rice cooker tidak mudah basi jika langsung diaduk.

Dosen yang juga ahli fisika nanomaterial Indonesia itu mengungkapkan penyebab utama nasi di rice cooker sering basi lantaran air yang terperangkap di dalamnya.

“Karena itu mengaduk nasi sesaat setelah matang bisa menciptakan ruang kosong yang membuat uap air mudah menguap keluar,” tulis postingan di akun @Resepmimoms dilansir hops 31 Mei 2022.

Hal itu juga ternyata berpengaruh dalam proses memasak nasi dengan alat apapun. Jika nasi aron yang diletakan di meja cenderung sulit basi lantaran dalam kondisi kering.

Itu dia tadi, tips agar nasi tak cepat basi di rice cooker. Semoga bermanfaat ya!