Usai Idul Fitri Dewan Jabar Iwan Suryawan Dukung Rencana Giat UMKM Ciwaranger Bogor

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriah dimanfaatkan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kota Bogor Iwan Suryawan untuk menyerap aspirasi masyarakat sambil menggelar halal bihalal secara sederhana.

Kali ini Iwan Suryawan mengundang kelompok masyarakat RT 04 RW 10, Kelurahan Ciwaringin, Kota Bogor yang menamakan diri mereka Ciwaranger. Seperti diketahui Ciwaranger sendiri berhasil menjadi juara 1 lomba Bogorku Bersih untuk kategori pemukiman swadaya di tahun 2021 kemarin.

Berlokasi di Taman Jeruk, RT 01/04, Iwan Suryawan menerima aspirasi dari Ciwaranger yang diwakili oleh Wisnu Wisnandar selaku tokoh masyarakat setempat dimana dirinya menginginkan ada pendampingan bagi UMKM jus markisa yang kedepannya akan mulai digerakan oleh Ciwaranger dan masyarakat setempat.

“Jika bisa 3 bulan sekali ada hasil, syukur-syukur sebulan sekali ada hasil bukan hanya dari markisa banyak yang akan kita kerjakan seperti lumbung dan lainnya. Dari lumbung donasi, kita jual markisa ini kita bisa misalkan, ada acara kita bisa donasi dengan cara menaikan harga, bilangnya untuk donasi tapi tetap cost kita ambil dengan keuntungan sedikit sisanya kita pakai untuk donasi jadi UMKM kita menjadi fast moving, jadi bukan dari lumbung sendiri dari produk UMKM kita bisa untuk donasi nantinya,” ujar Wisnu.

Dirinya pun turut memotivasi warga yang hadir guna terus aktif berkegiatan positif di kawasan Kelurahan Ciwaringin guna menjaga eksistensi Ciwaranger sendiri.

Halal bihalal anggota DPRD Jabar Iwan Suryawan bersama Ciwaranger Kota Bogor, Selasa (03/05/2022).

Ketua Ciwaranger Fadhillah Aristiawan Nurrochman berharap agar Iwan Suryawan terus memberikan perhatiannya kepada Ciwaranger dan aktifitas warga RT 01 sehingga kekompakan dan soliditas warga terus terjaga.

“Saya berharap semoga Abah Iwan selalu perhatian, abah ingin berkembang juga Ciwarangers semoga anak-anak Ciwarangers semua juga ikut peduli akan lingkungan ini, agar selalu solid dna tetap kompak untuk kedepannya, semoga saja Abah Iwan terus perhatian ke kita, kita juga lebih fokus dan lebih perhatian juga ke Abah,” imbuh Aris.

Merespon aspirasi pendampingan UMKM ini, Iwan Suryawan mengatakan bahwa support kepada potensi pemuda dengan segala idenya tanpa harus melihat dari daerah manapun, selama ide tersebut cerdas dan cemerlang dirinya akan support dalam bentuk apapun.

“Alhamdulillah Ciwaranger memulai gerakan tersebut dari 4 tahun yang lalu, awalnya dari mulai tahap perencanaan ingin ikut lomba Bogorku Bersih dan secara bertahap hingga juara 1, dan sekarang idenya adalah UMKM, jadi gagasan ini adalah dampak dari juara 1 lomba kemarin dimana mereka menemukan formula untuk pengembangan usaha buah salah satunya markisa yang nantinya di jus, lalu di jual,” tutur Iwan Suryawan.

Dirinya pun mengakui bahwa Ciwaranger telah memiliki flow chart untuk produk jus markisa tersebut guna pengembangannya, hal inilah yang akan disupport penuh sesuai kewenangan Iwan Suryawan sebagai anggota DPRD Jawa Barat.

“Maka di beberapa titik kita sudah buat lagi spot-spotnya untuk markisa ini, harapannya setelah ini diolah menjadi penghasilan dan meningkatkan ekonomi warga, tapi tidak sampai disitu saya juga menawarkan berbagai aktifitas untuk mereka juga baik yang menghasilkan seperti pemberdayaan UMKM juga aktifitas sosial seperti pembuatan lumbung pangan yang dikelola warga kita support dimana nantinya ada kolaborasi antara anak muda, orang tua, dan lingkungannya,” pungkas Iwan Suryawan, Selasa (03/05/2022).