Stok Vaksin Booster Covid RI Dipastikan Lebih dari Cukup

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Dipastikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketersediaan vaksin Virus Corona (Covid-19) di Indonesia lebih dari cukup sehingga ia meminta agar masyarakat segera melengkapi vaksinasi primer dua dosis hingga dosis lanjutan atau booster.

Jokowi mewanti-wanti tren penurunan kasus Covid-19 di Indonesia yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir tak lantas menjadikan masyarakat enggan divaksin Covid-19, lantaran vaksin memiliki tujuan untuk menciptakan kekebalan individu dan kelompok.

“Stok vaksin pemerintah untuk booster lebih dari cukup. Saya minta masyarakat segera memanfaatkan fasilitas booster gratis ini dan jangan pilih-pilih jenis vaksin. Karena semua vaksin manfaatnya sama, untuk melindungi kita semua menghadapi pandemi Covid-19,” kata Jokowi, Senin (30/5).

Jokowi melanjutkan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, vaksinasi booster dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang terhadap paparan virus corona dua kali lipat lebih tinggi dari pada pemberian vaksinasi dua dosis.

Adapun capaian vaksinasi Indonesia per Senin (30/5) Pukul 12.00 WIB, tercatat sebanyak 200.202.182 orang telah menerima suntikan dosis pertama. Sementara itu, 167.330.132 orang juga telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin.

Dengan demikian, target vaksinasi pemerintah dari total sasaran 208.265.720 orang sudah menyentuh 96,13 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sedangkan suntikan dosis kedua berada di angka 80,34 persen.

Sementara untuk perkembangan capaian jumlah vaksinasi booster tercatat sebanyak 45.412.157 warga Indonesia telah menerima booster atau sudah mencapai 21,80 persen dari target.

“Mari kita jaga bersama-sama momentum baik ini agar Indonesia semakin pulih dan ekonomi semakin membaik,” pungkasnya.