Selama Operasi Ketupat 2022, 300 Ribu Kendaraan Masuk Kawasan Puncak

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Disebutkan oleh Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata sebanyak 300 ribu kendaraan terpantau memasuki kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Data tersebut selama Operasi Ketupat Lodaya 2022 sejak 28 April-8 Mei 2022.

“Kalau total, sampai dengan hari ini sepanjang operasi jumlah kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak hampir ada 300 ribu kendaraan, selama operasi. Dari April sampai Mei. Hari ini sementara kami menunggu data, saat ini terpantau lebih banyak yang ke arah Jakarta ya,” kata Dicky, Minggu (8/5/2022).

Dicky menyebut puncak peningkatan jumlah kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak terjadi pada H+1 dan H+2 Lebaran.

“Untuk puncak kunjungan ke Puncak ini terjadi pada Lebaran kedua dan lebaran ketiga di mana ada puluhan ribu yang masuk dan keluar,” tambahnya.

Dari ratusan ribu kendaraan yang memasuki kawasan Puncak, sebanyak 10 kendaraan ditilang dan ditahan karena melakukan pelanggaran. Di antaranya yakni melawan arus, penggunaan strobo, hingga terkait penggunaan ambulans untuk wisata.

“Kalau pelanggaran-pelanggaran sendiri memang ada ya beberapa, terkait kemarin ada ambulans-ambulans yang melanggar, kemudian ada penggunaan strobo, lalu melawan arus, itu sudah kami lakukan tindakan kurang lebih 10-an, sanksi berupa penahanan kendaraan dan tilang,” beber Dicky.

Ia menambahkan Polres Bogor akan tetap menempatkan personel di Jalan Raya Puncak meski libur Lebaran telah usai. Hal ini untuk mengantisipasi adanya mobilitas masyarakat terkait kebijakan WFH selama sepekan ke depan.

“Kami antisipasi kebijakan pemerintah bahwa ada WFH selama 1 minggu, oleh karena itu kami tetap mengggelar pasukan di sepanjang jalur, dan pos PAM bersiaga juga sampai dengan selesai masa operasi,” kata Dicky.

“Kalau one way sendiri kita akan melihat secara situasional, kita akan lihat arusnya seperti apa besok. Sementara untuk pasukan tetap bergerak,” imbuhnya.