Ridwan Kamil Cari Investor ke Eropa, Dewan Jabar Erni Sugiyanti Minta TKA di Jawa Barat dibatasi

Berita157 views

Bandung, Inionline.id – Kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke eropa guna menemui investor di sejumlah negara mendapat komentar dari anggota Komisi III DPRD Jawa Barat Erni Sugiyanti.

Komisi III yang bersinergi dengan mitra kerja bidang ekonomi Jawa Barat, terus memberikan perhatian guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang menurun akibat pandemi Covid-19.

Erni berpendapat bahwa kunjungan Ridwan Kamil ke eropa saat ini berkaitan dengan Raperda yang sedang dibahas dan baru saja selesai difasilitasi oleh Kemendagri yaitu ada Raperda MUJ (Migas Utama Jabar).

“Salah satu yang menjadi bahasannya memang energi terbarukan dan memang kondisi di Jawa barat ini masih banyak yang masih bisa diolah, sebenarnya yang fosilnya masih banyak dan masih bisa diolah, tapi yang lebih banyak lagi pastinya yang energi terbarukan,” ungkap Erni Sugiyanti.

Politisi PKB ini juga meminta Ridwan Kamil ketika nanti berhasil menarik investor dari luar untuk berinvestasi di Jawa Barat agar memperhatikan jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk ke Jawa Barat.

“Jangan lupa, tenaga kerja yang di Jawa Barat juga harus diperhatikan, jangan kemudian investasi masuk kesini tapi kemudian menepikan anak yang lahir dari bangsa ini itu juga harus seimbang semuanya,” tukasnya.

Menurut Erni, sudah banyak kampus-kampus di Indonesia yang memiliki lulusan-lulusan di bidang energi baru terbarukan dan kualitasnya cukul baik.

“Investasi oke, tetapi untuk kemudian kedepannya investasi ini tidak selalu dipegang oleh tenaga kerja asingnya, kalau bisa dibilang okelah sedikit saja, tapi ada pekerja pribumi kita yang disekolahkan kemudian bisa menyamai pengetahuan tekhnologinya dengan mereka,” pungkas Erni Sugiyanti.