Hari Ini Ganjil Genap di Puncak Bogor Berlaku

Berita357 views

Inionline.id – Arus lalu lintas yang deras dan menimbulkan kemacetan membuat polisi membatalkan ganjil genap dan menggantinya dengan kebijakan satu arah (One Way).

Satlantas Polres Bogor mulai memberlakukan sistem ganjil genap di jalur menuju kawasan Puncak, Bogor, hari ini, Selasa (3/5). Pemeriksaan ganjil genap akan dilakukan di Simpang Gadog.

Oleh sebab itu, kendaraan dengan plat tidak sesuai dengan tanggal ganjil atau genap akan diminta putar balik.

“Kami lihat peningkatan arus kendaraan, pagi kami berlakukan ganjil genap untuk kendaraan menuju kawasan Puncak, diberlakukan mulai pagi hari,” kata Kepala Biro Operasional (KBO) Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana seperti dikutip dari detik, Senin (2/5).

“Kami tetap putar balik kalau tidak sesuai dengan aturan ganjil genap. Kecuali kendaraan-kendaraan yang sudah dikecualikan ya,” kata Ketut.

Dia mengatakan ganjil genap diterapkan untuk mencegah kemacetan lalu lintas di kawasan Puncak.

Sementara itu, Polres Bogor tidak memberlakukan one way ataupun ganjil genap di jalur Puncak pada hari pertama Lebaran atau Senin (2/5).

Polisi mengatakan keputusan tidak menerapkan ganjil genap di jalur Puncak Bogor dengan alasan untuk memudahkan masyarakat setempat beraktivitas pada hari pertama Lebaran 2022.

“Saat ini arusnya memang ada peningkatan dan kami juga tidak melakukan rekayasa lalu lintas,” kata Ketut.

“Karena banyak masyarakat Puncak ini kan pada silaturahmi, jadi kami hari ini prioritaskan dulu masyarakat lokal yang melaksanakan silaturahmi ke keluarganya masing-masing di kawasan Puncak,” kata Ketut.

Terpisah, lalu lintas di Tol Ciawi arah Simpang Gadog, Puncak, Bogor, macet parah pagi ini, Selasa (3/4) atau hari kedua Lebaran 2022. Simpang Gadog merupakan titik pemeriksaan skema ganjil genap.