Wilayah Dekat Kiev Berhasil Dierbut Kembali Pasukan Ukraina dari Rusia

Internasional057 views

Inionline.id – Ganna Maliar Wakil Menteri Pertahanan Ukraina menyebut pihaknya merebut kembali kendali atas seluruh wilayah dekat Kiev. Hal itu terjadi setelah invasi pasukan Rusia mundur dari beberapa kota penting di dekat Kiev.

“Irpin, Bucha, Gostomel dan seluruh wilayah Kyiv dibebaskan dari penjajah,” kata Maliar di Facebook mengacu pada kota-kota yang telah dihancurkan oleh pertempuran seperti dilansir AFP, Minggu (3/4/2022).

Ketiga kota itu terletak di barat laut Kyiv dan telah mengalami kerusakan parah sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Irpin dan Bucha, kota komuter di luar Kyiv, direbut kembali oleh tentara Ukraina minggu ini. Keduanya telah melihat korban tewas warga sipil yang besar.

AFP melihat setidaknya 20 mayat di satu jalan di Bucha pada Sabtu (2/4), termasuk satu dengan tangan terikat. Wali kota mengatakan 280 orang telah dikuburkan di kuburan massal di Bucha dan kota itu dipenuhi dengan mayat.

Pihak berwenang mengatakan bahwa setidaknya 200 orang telah tewas di Irpin sejak Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari.

Sappers yang bekerja untuk ranjau kota itu, Sabtu (2/4) dengan layanan darurat mengatakan 643 bahan peledak telah dinonaktifkan sejak Irpin direbut kembali oleh pasukan Ukraina.

Gostomel, dekat Kyiv, adalah lokasi pertempuran sengit untuk menguasai sebuah lapangan terbang. Ukraina mengatakan Rusia menarik diri dari wilayah utara dan tampaknya fokus ke timur dan selatan Ukraina.