Ini 6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Kesehatan157 views

Inionline.id – Sakit pinggang merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dapat dirasakan dengan timbulnya rasa nyeri pada bagian pinggang. Rasa nyeri ini bisa dimulai dari skala ringan hingga berat yang akan menimbulkan rasa tidak nyaman dalam beraktivitas.

Kebanyakan orang mengalami sakit pinggang pada usia 30-an. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan umur di bawahnya juga dapat mengalami sakit pinggang. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh banyak faktor sehingga orang dengan umur berapapun dapat mengalaminya.

Umumnya sakit pinggang sering disebabkan karena terlalu lama duduk. Terlalu lama duduk dapat memberikan tekanan berlebih pada tulang belakang sehingga menimbulkan nyeri di pinggang. Selain itu, sakit pinggang juga dapat terjadi ketika Anda mengangkat benda-benda yang berat dan kurang olahraga.

Sakit pinggang yang terjadi secara tiba-tiba dan mengganggu aktivitas Anda perlu diperiksakan ke dokter untuk diketahui penyebabnya dan pengobatannya. Akan tetapi, Anda juga bisa melakukan berbagai cara untuk mengurangi rasa sakit. Berikut ini beberapa hal yang dapat atasi rasa sakit di pinggang.

1. Pertahankan Postur Duduk yang Bagus

Membungkuk membawa dampak yang buruk untuk tubuh Anda. Tubuh Anda akan memiliki postur yang buruk dan menimbulkan rasa nyeri di pinggang. Apalagi jika Anda duduk dalam posisi tersebut dengan jangka waktu yang lama.
Perbaiki duduk Anda dengan duduk tegak. Buat bahu Anda rileks dan buat tubuh Anda ditopang oleh bagian belakang kursi. Anda bisa meletakkan bantal atau gulungan handuk di antara punggung bagian bawah dan kursi.

2. Lakukan Peregangan

Memiliki otot yang kuat, dapat membantu menopang punggung. Kekuatan dan fleksibilitas otot dapat membantu meringankan dan mencegah rasa sakit yang timbul. Anda dapat melakukan beberapa kegiatan seperti yoga, pilates ataupun peregangan sederhana agar otot lebih fleksibel.

3. Miliki Berat Badan Ideal

Dengan memiliki berat badan ideal yang sesuai dengan BMI (Body Mass Index) dapat membantu meringankan beban yang dimiliki oleh punggung Anda. Berat badan berlebih dapat menimbulkan tekanan di bagian tulang belakang.

Anda bisa menjaga pola makan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Jika memerlukan bantuan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mencari program diet dan olahraga yang paling cocok dengan Anda.

4. Oleskan Salep Pereda Nyeri

Obat oles atau salep mungkin tidak bisa mengurangi rasa sakit secara drastis. Akan tetapi, salep akan meredakan peradangan yang terjadi di otot dan sendi. Salep pereda nyeri akan memberikan rasa hangat untuk meredakan nyeri.

5. Jangan Terlalu Banyak Rebahan

Rebahan atau berbaring dengan waktu yang lama akan membuat otot Anda terasa kaku sehingga memperparah kondisi nyeri yang Anda alami. Perbanyak kegiatan dan lakukan gerakan sederhana secara hati-hati untuk mempercepat proses penyembuhan sakit pinggang.

6. Terapi fisik

Terapi fisik dapat mengurangi ketegangan pada punggung Anda. Biasanya, terapis akan membimbing Anda dalam latihan khusus yang dapat memperkuat otot inti yang menopang punggung.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan, nyeri punggung Anda akan berkurang. Namun, hal tersebut tidak dapat dicapai secara instan. Butuh waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Umumnya sakit pinggang tidak membahayakan jiwa Anda. Sakit pinggang dapat sembuh dengan sendirinya jika Anda secara konsisten meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot. Namun, apabila sakit pinggang Anda tidak kunjung sembuh dan terus timbul rasa nyeri sebaiknya konsultasikan ke dokter.