IFC Memberikan Pengahargaan untuk Masjid Istiqlal Sebagai Green Mosque Pertama di Dunia

Headline357 views

Inionline.id – Masjid Istiqlal meraih penghargaan sebagai Green Mosque pertama di dunia dari International Finance Corporation (IFC). Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap Masjid Istiqlal yang telah melakukan penghijauan.

“Sungguh sangat kami terharu karena pada hari ini kita mendapatkan apresiasi, bukan lokal tapi internasional. Apresiasi luar biasa terhadap Masjid Istiqlal sebagai masjid pertama di dunia yang mendapatkan sertifikat Green Mosque,” kata Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nassarudin Umar, dalam sambutannya, Rabu (6/4/2022).

Nassarudin mengaku tak menduga Masjid Istiqlal akan menerima penghargaan tersebut. Dia menyebut pihaknya tidak bekerja untuk mendapatkan penghargaan, namun untuk kemaslahatan umat.

“Ini di luar dugaan kami semua, ini penilaian dari luar, kami di Istiqlal tidak bekerja untuk mendapatkan penghargaan, terserah penghargaan ada atau tidak, yang jelas kami berbuat untuk kemaslahatan umat dan masyarakat,” katanya.

Menurutnya, penghijauan bukan hanya perlu dilakukan pada bangunan. Namun, pikiran dan hati manusia juga perlu penghijauan.

“Bagi kami di Masjid Istiqlal ini bukan hanya masjidnya yang harus hijau, tetapi juga hati dan pikirannya,” katanya.

“Tidak ada artinya kita bicarakan penghijauan kalau hatinya user Istiqlal ini tidak hijau, karena itu yang hijau bukan hanya bangunannya, tetapi hatinya juga harus hijau, pikirannya hijau,” lanjutnya.

Dia menyebut bumi ini akan bertahan lama jika hati dan pikiran manusia hijau. Menurutnya, dengan hati dan pikiran yang hijau menjadi salah satu upaya dalam melestarikan alam.

“Kalau kita ingin melestarikan alam ini, maka pikiran itu harus hijau, hatinya harus hijau, tanpa penghijauan jalan pikiran dan hati, yang hijau ini sesaat setahun dua tahun rubah lagi, tapi kalau permanen hati orang itu hijau, inilah yang akan melestarikan bumi,” tuturnya.