USBK Mulai Digelar SMA di Bandar Lampung

Pendidikan357 views

Inionline.id – SMA di Kota Bandar Lampung mulai menggelar Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK), Senin, 14 Maret 2022. Siswa mengerjakan ujian melalui gawai.

Kepala SMAN 3 Bandar Lampung Tri Winarsih menuturkan sebanyak 377 siswa kelas 12 mengikuti USBK langsung di sekolah. Sementara itu, siswa kelas 10 dan 11 masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Ia mengungkapkan sekolah juga menyediakan gawai untuk siswa yang terkendala alat ujian. Sementara itu, siswa yang sakit diperbolehkan mengikuti ujian dari rumah.

“Tetapi harus menyediakan dua gawai, satu digunakan sebagai kamera pengawas dan satu lagi untuk ujian,” kata Tri dikutip dari Lampost.co, Selasa, 15 Maret 2022.

Tri menyebut pihaknya membatasi kapasitas ruang kelas hanya untuk 18 siswa guna mencegah penularan covid-19. Siswa tetap wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan covid-19, termasuk scan barcode aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki kelas.

Sementara itu, sebanyak 395 siswa di SMAN 2 Bandar Lampung mengikuti USBK. Sekolah menerapkan pembatasan kapasitas kelas maksimal 50 persen.

Sekolah akan menyiapkan ujian susulan setelah jadwal USBK selesai bagi siswa yang tidak bisa hadir. “Jika ada yang sakit dibuktikan dengan surat kesehatan, nanti akan dijadwalkan ujian susulan,” kata Humas SMAN 2 Bandar Lampung, Edi Pristiyono.

Edi menuturkan USBK tidak menjadi penilaian kelulusan peserta didik. Namun, hasil ujian akan dijadikan lampiran nilai dalam ijazah.