Usai Ditutup Saat Nyepi, Bandara Ngurah Rai Bali Kembali Dibuka

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Setelah ditutup dalam serangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, kembali membuka kegiatan operasional penerbangan. Bandara satu-satunya di Bali ini kembali dibuka hari ini tepat pukul 06.00 Wita.

“Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, hari ini telah membuka kembali penerbangan domestik maupun internasional sesuai batas NOTAM Airnav Nomor A0031/22NOTAMN dan seluruh personel telah melaksanakan tugas seperti biasanya,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Herry AY Sikado dalam keterangan tertulis, Jumat (4/3/2022).

Herry menegaskan semua berjalan dengan baik selama penutupan Hari Raya Nyepi dari Kamis (3/3) pukul 06.00 Wita hingga Jumat (4/3) pukul 06.00 Wita. Ia memastikan tidak ada medical evacuation maupun emergency flight dan petugas juga tetap bersiaga melaksanakan tugas.

Pembukaan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, setelah Hari Raya Nyepi diawali dengan kedatangan penerbangan dari Jakarta menggunakan maskapai Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6500 pukul 07.12 Wita. Ada pula keberangkatan pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 039 tujuan Jakarta pukul 08.30 Wita.

“Terkait penerbangan pertama yang tiba setelah dilakukan penutupan operasional dalam memperingati Nyepi adalah mendarat perdana Batik Air dari Jakarta, kemudian lepas landas perdana maskapai Lion Air tujuan Jakarta,” ujar Herry.

Selain itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, hari ini melayani penerbangan perdana khusus internasional setelah Nyepi yaitu maskapai Jetstar pukul 09.55 Wita dari Singapura. Pesawat ini bakal berangkat kembali pukul 10.45 Wita.

“Suatu harapan lagi bagi penerbangan internasional yang di mana Jetstar mengisi slot penerbangan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pertama kalinya juga sejak pandemi COVID-19,” terang Herry.

“Prediksi kami hari ini setelah Nyepi, trafik penerbangan meningkat khusus yang datang, karena terdapat libur hari Sabtu dan Minggu, dalam artian banyak masyarakat memilih berlibur pada waktu tersebut,” ungkapnya.