Nama Calon Kepala Otorita IKN Dikabarkan Sudah Dikantongi Jokowi

Berita257 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut sudah mengantongi nama calon kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Jika sesuai rencana, Jokowi bakal mengumumkan sosok tersebut pada Maret 2022.

“Mungkin sudah (mengantongi nama calon kepala Otorita IKN). Mestinya Maret ini diumumkan,” kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong saat dihubungi, Rabu (2/3).

Kendati demikian, Wandy belum membeberkan siapa sosok calon kepala Otorita yang namanya sudah berada di kantong Jokowi. Ia juga belum mengetahui kapan pastinya Jokowi bakal mengumumkan dan melantik kepala Otorita IKN.

Ia hanya mengatakan, Presiden sudah memiliki kriteria untuk calon kepala Otorita. Selain sosok tersebut tidak terafiliasi partai politik, bekas kepala daerah, dan memiliki latar belakang arsitek, menurutnya Jokowi juga memiliki kriteria lain.

“Idealnya tentu memiliki managerial skill untuk mengkoordinasikan berbagai pekerjaan dan berbagai Kementerian/Lembaga yang pada awal pembangunan IKN masih akan terlibat secara langsung di lapangan,” jelas Wandy.

“Juga punya kemampuan komunikasi yang baik dengan beragam stakeholder, terutama pemerintah daerah di Kaltim dan masyarakat setempat,” tambah dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menandatangani UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara. Aturan itu menjadi landasan hukum kebijakan pemindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara.

IKN Nusantara akan dipilih seorang kepala otorita setingkat menteri yang dipilih presiden. Hingga hari ini, belum ada nama yang diumumkan untuk menduduki jabatan itu.

Pada Maret 2020, Jokowi mengungkap beberapa kandidat, seperti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Bambang Brodjonegoro, Tumiyono, hingga Azwar Anas. Belakangan Jokowi juga mengungkap beberapa kriteria kepala otorita IKN Nusantara, yaitu mantan kepala daerah berlatar belakang arsitek.