Iwan Suryawan Paparkan Tentang Bahaya HIV AIDS kepada Kaum Ibu

Antar Daerah557 views

BOGOR, Inionline.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Iwan Suryawan memaparkan bahaya HIV AIDS kepada ibu rumah tangga.

Pemaparan bahwa HIV AIDS itu dilakukan dalam rangka reses pertama di tahun 2022 yang digelar di villa Erika, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin (7/3/2022).

Menurut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini penularan HIV AIDS tidak secepat penularan TBC dan Covid-19.

“Soal cepat penularan HIV AIDS, lebih cepat penularannya TBC, karena TBC penularannya bisa lewat udara, makanan dan nafas, tapi kalau HIV AIDS tidak semudah itu penularannya,” ucap Iwan.

Iwan mengatakan, HIV AIDS penularan lewat hubungan seksual dan jarum suntik. “Jadi, HIV AIDS tidak menular dengan bersentuhan, makan bersama, mandi bersama, tapi lewat jarum suntik, air susu ibu (ASI), dan hubungan seksual,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, biasanya orang-orang takut saat bertemu dengan penderita HIV AIDS, bahkan cenderung menghindar, padahal penularannya tidak semudah seperti TBC.

“Covid-19 dengan HIV AIDS keduanya sama-sama virus, tapi ketika Covid-19 pertama ada stigmanya sama dengan HIV AIDS,” katanya.

Bahaya HIV AIDS ini sampaikan untuk meriview dan menjaga anak-anak dari bahaya HIV AIDS yang disebabkan pergaulan.

“Pertama saya tidak paham apa itu HIV AIDS, untuk itu saya minta pemahaman dan informasi kepada Dinas Kesehatan (Dinkes). Sebab orang kalau denger HIV AIDS pasti takut tertular,” pungkasnya. (Rick)